Sukses Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan Ribuan Orang di NTT

Sukses Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan Ribuan Orang di NTT
Sukses Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan Ribuan Orang di NTT

Wejangan Dr. Aqua Dwipayana

Berikut Wejangan Dr. Aqua Dwipayana 10 Desember 2017  pukul 11.17, ” Sukses Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan Ribuan Orang di NTT ” melalui WAG KOMPASS (WhatsApp Group Komunitas Para Sales Sumenep).

Dr. Aqua Dwipayana, menetap di Yogyakarta (Kompasser Yogyakarta), Motivator Nasional, Konsultan Komunikasi, Pengamat Militer dan Kepolisian RI, dan Penulis buku Best Seller “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi”.

Sukses Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan Ribuan Orang di NTT

Oleh Dr Edwin Rizal

Assalamualaikum Wr… Wb… Pak Aqua yang baik, alhamdulillah Rabu malam, 6 Desember 2017 lalu saya sudah tiba di Bandung. Setelah dari Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan transit di Kupang dan Surabaya. Kesibukan kegiatan universitas selama 2 hari di Pangandaran, Jawa Barat membuat saya baru ada kesempatan menuliskan kesan-kesan selama di NTT.

Sejak pertama Pak Aqua mengajak saya ke NTT untuk mengunjungi Kodim-Kodim di bawah Korem 161/Wira Sakti Kupang, saya sangat tertarik. Pertama karena saya belum pernah ke NTT dan kedua berkaitan dengan konsen riset saya, yaitu Komunikasi Kepolisian dan Kemiliteran. Sehingga saya dapat sekalian prariset dan melihat kondisi TNI dan Polri kita di daerah NTT.

Suatu kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri bagi saya dapat langsung bertemu dan bertatap muka dengan Danrem Kupang Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa dan Wakapolda NTT Brigjen Pol Victor Manoppo dan jajaran mereka. Keduanya sangat kompak dan jenderal yang rendah hati sekali.

Selain dengan beliau berdua, saya ketemu dengan jajaran mereka yakni para Dandim dan Kapolres di 5 daerah yaitu di Kupang, Rote Ndao, Flores Timur, Maumere, dan Ende. Selama jumpa dengan mereka, saya intens diskusi terutama yang terkait dengan penelitian saya tentang TNI dan Polri.

Diskusi dengan mereka semua sangat mengasyikkan. Saya cukup puas. Seharusnya saya ikut mengunjungi Kodim Ngada, Ruteng, dan Belu. Tapi karena ada kegiatan lain di Universitas Padjadjaran (Unpad) sehingga dengan terpaksa batal mendatangi 3 Kodim itu.

Sangat Mengapresiasi dan Angkat Jempol

Selama mengunjungi Korem dan Kodim-Kodim tersebut saya sangat mengapresiasi dan angkat jempol untuk kekuatan dan kesehatan Pak Aqua yang tanpa lelah dapat memberikan sharing Komunikasi dan Motivasi dengan seluruh jajaran TNI, Polres, Aparatur Sipil Negara (ASN), dan komponen masyarakat lainnya yang mengikuti acara tersebut. Jumlah setiap sesi mulai ratusan orang hingga ribuan peserta. Para pesertanya antusias sekali.

Setiap sesi termasuk tanya-jawab durasinya sekitar 3 jam. Di beberapa sesi waktunya ada yang lebih dari itu karena banyak yang bertanya. Dalam sehari rata-rata 2 sesi. Antara tempat yang satu dengan lainnya sebagian besar ditempuh dengan jalan darat sekitar 3 jam hingga 4 jam.

Melihat animo dan tanggapan para peserta yang sangat antusias, dapat saya katakan acaranya sukses. Mereka yang hadir tercerahkan dengan motivasi yang disampaikan Pak Aqua.

Memang memberikan materi berupa sharing Komunikasi dan Motivasi sudah menjadi kegiatan keseharian Pak Aqua, baik di dalam negeri maupun di mancanegara. Tapi dalam sehari bisa dua atau tiga tempat sekaligus, ditambah dengan perjalanan darat trans Flores yang sangat memakan waktu serta tenaga, yang juga sempat saya ikuti, adalah sesuatu yang sangat luar biasa. Diperlukan stamina yang kuat apalagi jalannya berkelok-kelok dan sebagian rusak.

Membagi Ilmu dan Pengalamannya dengan Tulus Ikhlas

Dengan jaringan pertemanan Pak Aqua yang sangat luas – di jajaran TNI, Polri, dan sipil -semua perjalanan tersebut meskipun berat, diatur dengan baik oleh para pimpinan TNI AD di setiap daerah yang dikunjungi. Ini langsung saya rasakan, bahkan saya sempat menikmati perjalanan 1 jam Pp Dari Kupang ke Rote Ndao dengan menggunakan helikopter TNI AD yang di-BKO-kan ke Korem Kupang.

Helinya jenis Bell terbaru HA 5162. Pernah digunakan sebagai heli VVIP. Kendaraan udara itu bisa mengangkut 12 orang termasuk kru. Penumpangnya dibatasi hanya 6 orang.

Saya berdoa dan berharap semoga semua kegiatan sharing Komunikasi dan Motivasi Pak Aqua yang telah dilakukan di NTT tersebut memberikan manfaat yang dapat langsung dirasakan dan dipraktekkan oleh para peserta, sehingga kemaslahatan lebih jauh bisa  bermanfaat bagi komunikasi sosial di daerah-daerah itu.

Saya mengucapkan terima kasih yang tulus pada Pak Aqua karena dapat merasakan pengalaman yang sangat berharga ini. Selain bisa menginjakkan kaki ke ujung Selatan Indonesia (Rote Ndao), sayapun dapat mengumpulkan banyak informasi tentang keadaan dan kondisi TNI dan Polri kita di wilayah Timur Indonesia. Dengan harapan bisa menjadi referensi dalam menyusun riset.

Semoga Pak Aqua diberi kesehatan dan kekuatan, sehingga masih terus dapat membagi ilmu dan pengalamannya dengan tulus ikhlas untuk kemaslahatan banyak orang. Amin ya robbal aalamin.

Penulis adalah Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung.

Baca juga: Sukses Seseorang karena Perilaku Baik ke Orang Banyak

Demikian Wejangan Dr. Aqua Dwipayana 10 Desember 2017  pukul 11.17, ” Sukses Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan Ribuan Orang di NTT ” melalui WAG KOMPASS. Semoga bermanfaat.

The Power of SILATURAHIM!

by KOMPASS

One thought on “Sukses Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan Ribuan Orang di NTT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button

1000 Narasumber KONUS! CALL/WA 08557772226 (Idham Azhari)

X