Silaturahim itu Proses, Hasilnya ALLAH Maha Tahu

Silaturahim itu Proses, Hasilnya ALLAH Maha Tahu
Silaturahim itu Proses, Hasilnya ALLAH Maha Tahu

Wejangan Dr. Aqua Dwipayana 28 Agustus 2017

Berikut Wejangan Dr. Aqua Dwipayana 28 Agustus 2017 pukul 07.30, ” Silaturahim itu Proses, Hasilnya ALLAH Maha Tahu ” melalui WAG KOMPASS (WhatsApp Group Komunitas Para Sales Sumenep).

Wejangan ini merupakan tulisan bagian ketiga, Kesaksian Dahsyatnya Silaturahim (3).

Dr. Aqua Dwipayana, menetap di Yogyakarta (Kompasser Yogyakarta), Motivator Nasional, Konsultan Komunikasi, Pengamat Militer dan Kepolisian RI, dan Penulis buku Best Seller “The Power of Silaturahim”.

Silaturahim itu Proses, Hasilnya ALLAH Maha Tahu

Saya, Arifin BH –wartawan Pos Kota dan kemudian Harian Surya hingga mengundurkan diri tahun 2006. Selepas berkutat sebagai jurnalis, saya menjadi penulis kolom Opini harian Kompas; menulis Buku Suara Surabaya Bukan Radio (2010); Buku PELAWAK –Penuntun Laku di Segala Waktu (2013) dan penulis Kompasiana. Di luar itu menjadi Tim Kreatif Tri Rismaharini, Walikota Surabaya (2009 dan 2015), dan Emil Dardak Bupati, Trenggalek (2015).

*

Jika ada pertanyaan, silaturahim itu sebuah proses ataukah satu hasil? Saya berani menjawab, silaturahim itu sebuah proses yang membawa hasil. Dalam prespektif agama, hasil atau buah silaturahim tentu bermakna positif. Anda boleh kok menjawab lain…hehehe

Selama di Palembang saya mendapat beberapa pengalaman, kiranya patut Anda simak.

Pertama, sepanjang perjalanan menuju kampus UIN Raden Fatah Palembang, sedang berlangsung pembangunan kereta api ringan atau light rail transit (LRT). Pengerjaan fisik LRT nantinya melewati Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II-Masjid Agung Palembang-Jakabaring Sport City, sepanjang 23,5 km dengan 13 stasiun dan 9 sub-stasiun.

LRT sarana transportasi massal, adalah sebuah proses untuk menyongsong even Asian Games 2018, dimana Indonesia menjadi tuan rumah. Kelak, hasilnya akan dinikmati oleh masyarakat, termasuk para atlet se-Benua Asia.

Kedua, pada saat kami –Aqua Dwipayana, Mas Hadiaman, dan saya- hendak bergeser ke Provinsi Jambi, sempat menikmati pertandingan sepakbola Sea Games 2017 antara kesebelasan Indonesia melawan kesebelasan Kamboja. Semua tahu, tim nasional Indonesia U-22 membobol gawang Kamboja 2-0. Ya, sekalipun pada akhirnya skuat Garuda kalah melawan Malaysia (0-1), namun ini juga proses lho…

Penampilan memukau itu merupakan proses panjang. Separuh dari skuat Garuda 6 tahun silam ditemukan Indra Sjafei, pelatih Timnas U-19. Indra tahun 2010-an berkeliling (baca; silaturahim) ke berbagai pelosok daerah untuk mendapatkan bakat-bakat muda. Kerja keras Indra membuat Indonesia keluar sebagai juara Piala AFF (Asean Footbal Federation) 2013. Kini bakat hasil silaturahim Indra merupakan tulang punggung Timnas U-22 yang bertarung di Sea Games 2017.

Koran Bisnis Indonesia (edisi Senin, 28/8) menyoroti; kita harus menghargai anak-anak muda tengah menjalani sebuah proses panjang. Proses, termasuk di dalamnya ada kerja keras dengan baik dan benar, adalah milik manusia., Namun,hasilnya adalah domain TUHAN.

Mengutip penjelasan seorang ustadz, manusia masuk surga bukan karena pahala yang berlimpah melebihi nikmat yang ALLAH SWT berikan, tetapi karena proses ibadahnya menuai rida dan kasih sayang (rahmah) ALLAH SWT.

Proses berupaya mendapat rahmah itu (saya gambarkan proyek LRT dan skuat Garuda) yang memang akhirnya menuai hasil berupa ridha ALLAH SWT dan dia pun masuk surga berkat rida dan rahmat ALLAH SWT Bukan semata-mata karena kualitas ibadahnya.

Apa yang diusung oleh Aqua Dwipayana, dengan sering mengunjungi koleganya, termasuk menjadi pembicara gratis terutama di lingkungan TNI-Polri, asal bisa beraudiensi dengan banyak orang tentu menjadi proses silaturahim. Hasilnya, ya ALLAH Yang Maha Tahu.

(Ikuti seri tulisan pengalaman perjalanan SURABAYA-PALEMBANG-JAMBI-JAKARTA berikutnya).

>>>Seusai sharing Komunikasi & Motivasi dgn hampir 500 orang anggota Kodim 0621 Kabupaten Bogor & Ibu2 Persit serta dalam perjalanan ke Pelabuhan Ratu Bersama Danramil Sukaraja Kabupaten Bogor Kapten Inf Tatang Taryono saya ucapkan selamat memaknai silaturahim secara hakikih. Salam hormat buat keluarga ya. 19.30 28082017?<<<

Baca juga: Konsep Aqua Dwipayana Terasa Sebelum Mata Terpejam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button