Proteksi Dini Diabetes

Proteksi Dini Diabetes
Proteksi Dini Diabetes

Proteksi Dini Diabetes

Berikut ini Program Acara KLINIK KOMPASS 30 Agustus 2017, ” Proteksi Dini Diabetes “, bersama Dr. Mariatul Fadilah, MARS melalui WA Group (WAG) KOMPASS.

Dr. Mariatul Fadilah, MARS , Kompasser Palembang, CEO Azzahra Maternal and Neonatal Hospital Palembang.

Kata Pembuka Dari FOUNDER KOMPASS (Kompasser Yudi Ananta):

Kata Pembuka Program KLINIK oleh FOUNDER KOMPASS
Kata Pembuka Program KLINIK oleh FOUNDER KOMPASS

Semangat pagi para Kompasser….

Kompasser Idham Azhari

Semangat pagi Pak Yudi ?

Kompasser Yudi Ananta

Sesuai jadwal kita akan buka program “KLINIK” edisi perdana malam ini…?

Selamat malam bu dokter Maria dan apa kabar?????

Kompasser Idham Azhari

Mantaab edisi Perdana ?

Kompasser Dokter Maria – Dr. Mariatul Fadilah, MARS
(NARASUMBER KOMPASS):

Slamat malam saudaraku semua… alhamdulillah, baik…

Kompasser Yudi Ananta:

Sy malam ini juga ditemani partner sy yakni Mr. Idham…?

Kompasser Idham Azhari:

Selamat malam Bu Dokter Maria ??

Kompasser Dokter Maria:

Malam ini kita mau cerita2 tentang DM ya… silahkan…

Malam mas Idham…

Kompasser Yudi Ananta:

Baik Bu Dokter Maria silahkan saja bisa dimulai materinya yakni Proteksi Dini Diabetes…???

Kompasser Dokter Maria:

Negara Indonesia sudah hampir bangkrut nih… gara2 banyak yg sakit dan tidak terkontrol… antara lain DM

Kompasser Yudi Ananta:

Nanti ada edisi khusus tanya jawab ya kawan2…??

Maaf maksudnya sesi…?

Kompasser Yun Pin:

Malam Bu Dr.Maria..

Salam sehat selalu…

Kompasser Tamamul Abror:

Selamat malam ?

Kompasser Dokter Maria:

Berita terakhir, tahin 2016… masy Indonesia yg harus Cuci darah menghabiskan hampir 7 triliun…

Cuci darah itu disebabkan oleh penyakit gi jal kronik yg paling banyak disebabkan oleh DM…

Sementara… DM itu manifestasinya sebetulnya bisa dicegah… jadi tugas kita menjaga tubuh kita utk tidak terkena penyakit DM walau pun punya faktor resikonya…

Yg lebih tepat… kitabharus menghilangkan atau mengurangi semaksimal mungkin faktor resiko tersebut…

Untuk ini mari malam ini kita ngobrol masalah DM dan pencegahannya… silahkan klo ada yg akan menanggapi… ?

Kompasser Idham:

Maaf Bu Dokter, itu tadi ginjal kronik ya ?

Kompasser Yudi Ananta:

Silahkan bu dokter bisa lanjut dulu materinya…???

Kompasser GM Agung Nugroho:

Bagaimana mencegah DM?

Kompasser Dokter Maria:

Yùups… benar mas

Kompasser Idham Azhari:

Ok siaaap

Kompasser Dokter Maria:

Yg paling utama adalah mengetahui faktor resiko yg ada pada kita…

Kompasser Idham Azhari:

Nahh ini yg menarik ?

Kompasser GM Agung Anugroho:

Apasaja faktor resikonya?

Kompasser Dokter Maria:

Faktor resiko itu antara lain : BB yg berlebih, kurangnya aktifitas fisik, diet yg tidak sehat, kolesterol tinggi, merokok, miras/napza, stress, hypertensi dan TB… banyaaak yaa… ??

Kompasser Idham Azhari:

Buanyaaak banget Bu Dokter ??

Kompasser Dokter Maria:

Betuk mas… semua itu akan merusak/mengganggu hemodinamika yg ada pada tubuh kita…

Ada faktor keturunan pada org yg kena DM…

Kompasser Idham Azhari:

Siaaap Bu Dokter, harus sering kontrol (diri)

Kompasser Dokter Maria:

Tapi itu tidak serta merta anak2nya kena DM juga bila kita bisa menghilangkan Faktor Resiko itu

Kompasser GM Agung Nugroho:

Mohon pencerahan, TB itu apa?

Kompasser Dokter Maria:

Misalnya… stress. Ada org yg tidal ada riwayat DM tapi bila tiba2 stress berat makan ada hormon yg namanya cortisol yg akan memacu terjadinya DM… jadi jgn heran bila ada yg bilang, sy g punya keturunan tapi kok kena DM…?

Kompasser Dokter Maria:

Maksud nya Tuberculose (TBC)

Kompasser GM Agung Nugroho:

OIC

Kompasser Fadilla Permatasari:

Maaf ikut gabung ? jadi kalo lagi stres pengalihan perhatiannya apa ya bu dokter selain makan?

Kompasser Dokter Maria:

Jadi klo ada keluarga yg kena DM jangan terlalu takuuut… perbaiki “gaya hidup” dan hilangkan Faktor Resiko insyaAllah, gula darah yg sudah terkontrol tidak akan naik lagi… tapi bukan sembuh ya… karena bila gaya hidup dan Faktor Resiko ada lagi maka DM akan timbul lagi…

Sebaiknya stress dicari penyebabnya… dan hilangkan penyebab itu, jangan dikompensasi dengan yg lain… krn akan menimbulka masalah yg lain lagi ?

Kompasser Fadilla Permatasari:

Trimakasih infonya bu ?

Kompasser Yun Pin:

Dr..makanan apa saja yg bisa menjadi pemicu DM, ibu sy umur 72 tahun,baru 2 bulan ini gulanya sampai 500,, pada hal ibu sy sangat jaga makan,tp terakhir suka camilan roti kering biskuit..

Kompasser Dokter Maria:

Gejala itu jarang terjadi… gejala yg paling mudah di kenali adalah : banyak makan, banyak minun, banyak kencing (khususnya dimalam hari dan bafan mendadak kurus)

Kompasser Dokter Maria:

Gila darah 500 itu tinghi dek… harus makan obat dan makan  nya pun harus diatur jumlah kalorinya…

Kompasser Idham Azhari:

Iya2 ini yg paling mudah untuk deteksi dini ?

Kompasser Dokter Maria:

Hati2 dengan makanan yg mengandung karbohidrat yg tinggi… misalnnya Gula, Nasi, gandum, kentang, ubi, dasu dan jagung…

Org yang DM tidak boleh gula berlebih tapi juga tidak boleh gulanya terlalu rendah… jadi betul2 harua dikenali keseimbangan itk kadar gula.dalam tubuh…

Kompasser Yun Pin:

Kentang tidak boleh ya?…

Ada yg tidak makan nasi tapi gantinya makan kentang bagaimana bu Dokter?…

Kompasser Dokter Maria:

Kentang dengan nasi itu karbihidratnya “beti” pak… beda2 tipis aja… ??

Ada makanan yg kadar karbohidratnya mirip2 : Nasi, Gandum, Kentang, Ubi, Jagung, sagu… ?

Semua makanan boleh untuk orang DM tapi harus terkontrol jumlah nya… ?

Kompasser Idham Azhari:

Ohh begitu ya Bu Dokter, saya pikir kentang rebus atau bakar bisa gantikan nasi untuk kasus DM

Kompasser Agung Dharmono:

Ikut gabung bu. Nasi campur indomie jg dilarang ya bu dokter katanya 2 kali lipat karbonya

Kompasser Dokter Maria:

Bener pak… karena Mie terbuat dari terigu/gandum…

Patokannya… utk orang DM semua makanan boleh tapi harus terukur… klo memang g bisa makan sedikit maka yg dimakan jangan nasi dan temen2nya tadi tapi makanlah sayur dan buah… karena karbohidratnya tidak terlalu banyak (kec buah2 tertentu)

Kompasser Agung Dharmono:

DM apa bisa sembuh total Dok

Kompasser Dokter Maria:

DM digolongkan dgn penyakit kronis… tidak bisa disembuhkan tapi bisa dikontrol dgn baik…

Kompasser Agung Dharmono:

Waduh…. Berat nih

Kompasser GM Agung Nugroho:

Dasu itu apa @KOMPASS “dr. Mariatul Fadilah”?

Kompasser Dokter Maria:

Tidak berat pak..

Maaf… maksudnya Sagu… ??

Kompasser Yun Pin:

Ada yg bilang juga makan nasi kemarin,,yaitu nasi masak sekarang di makan besok…

Nah itu gimana Bu Dokter?…tq

Kompasser Dokter Maria:

Kita selalu menganjurkan utk menjaga agar DM itu tiak menifes dalam kehidupan kita walaupun kita punya keturunan DM…

Kompasser Dokter Maria:

Pak Liu Yun Pin… saya belum pernah tau tentang itu, apakah kadar karbohidrat yg ada falam Nasi itu bisa turun klo udah “nginep” satu hari… ?

Kompasser Yun Pin:

Oh..begitu ya…Trims Bu Dokter penjelasannya????

Kompasser Dokter Maria:

Tips yg penting diketahui : Apakah kita memiliki resiko utk terkena DM (lahir dari ortu yg DM atau punya keturunan DM) atau tidak… bila ada maka kita harus :  1). benar2 mengHindari faktor resiko tadi. 2). Gaya hidup sehat harus diterapkan 3). Olahraga teratur. 4). menjaga pola makan. 5). Hindari Rokok. 6). Cek gila darah apa bila ada tanda2 Banyak Makan (lebih dari biasa), banyak Minum (terasa selalu haus), banyak kencing (terutama malam hari), badan kurus walau makan banyak…

Kompasser Idham Azhari:

Tips singkat tapi padat ???

Kompasser Dokter Maria:

Selamat malam saudaraku semua… sampai jumpa dilain waktu dengan diskusi yg lain lagi… terimakasih Mas Yudi… semoga kita selalu dalam.lindungan Allah Swt…??

Kompasser Yudi Ananta:

Siap Bu Dokter Maria terima kasih atas penjelasannya.

Kita jumpa lagi di edisi mendatang dengan topik-topik seputar kesehatan yang lebih menarik lagi…?????????????

Kompasser Idham Azhari:

Selamat malam Bu Dokter Maria, terima kasih atas pencerahannya, sangat bermanfaat sekali ??????

Kompasser Yudi Ananta:

Semoga bu dokter Maria semakin sukses. Amin…????

Terima kasih banyak bu dokter Maria yang sudah menjadi Konsultan Kesehatan KOMPASS…???

Kompasser Anwar Ibrahiem:

Trimksh bu dokter maria…..sangat bermanfaat sekali ??

Kompasser Idham Azhari:

Aamiin Pak Yudi

Alhamdulillah ada Konsultan kesehatan di KOMPASS ??

Kompasser Yun Pin:

Selamat malam juga Bu Dokter,,terima kasih atas saran yg luar biasa ini..

Salam Sehat Selalu,,,Bersama KOMPASS!!

Kompasser Dokter Maria:

Sama sama mas Yudi, mas Idham, mas Anwar, Pak Liu… semoga kita selalu mendapat yg terbaik dari Allah Swt… Salam Sehat Sejahterah ?

Kompasser Yudi Ananta:

Amin ya robbal ‘alamin….????

Kompasser Yun Pin:

Sama2…Amin…?????????‍♀???

Kompasser Idham Azhari:

Aamin Bu Dokter ??

Salam sehat sejahtera ??

Kompasser GM Agung Nugroho:

Matur suksma mewali @KOMPASS “dr. Mariatul Fadilah”

regards

GM Agung Nugroho

Kompasser Selfyana Desi:

Terimakasih dr Maria,

Semoga edisi berikutnya ttg osteoarthitis.

Karena banyak orang tdk mengerti osteoarthitis dan bedanya dg osteoporosis.

Sementara saat ini semakin banyak yg terserang osteoartitis tsb.

Kompasser Dokter Maria:

Boleh dek… request nya dengan mas Yudi, sy ikut aja… ???

Kompasser Yudi Ananta:

Mantap Ok noted Bu Desi dan terima kasih atas masukannya…???

Baca juga: Program KLINIK Kompass 30 Agustus 2017

Demikian Program Acara KLINIK KOMPASS, ” Proteksi Dini Diabetes “, bersama Dr. Mariatul Fadilah, MARS melalui WA Group (WAG) KOMPASS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button

1000 Narasumber KONUS! CALL/WA 08557772226 (Idham Azhari)

X