The Power of Silaturahim Aqua Dwipayana Perilaku Langka yang Layak Diteliti

The Power of Silaturahim Aqua Dwipayana Perilaku Langka yang Layak Diteliti
The Power of Silaturahim Aqua Dwipayana Perilaku Langka yang Layak Diteliti

Wejangan Dr. Aqua Dwipayana 27 September 2017

Berikut Wejangan Dr. Aqua Dwipayana 27 September 2017, ” The Power of Silaturahim Aqua Dwipayana Perilaku Langka yang Layak Diteliti ” melalui WAG KOMPASS (WhatsApp Group Komunitas Para Sales Sumenep).

Dr. Aqua Dwipayana, menetap di Yogyakarta (Kompasser Yogyakarta), Motivator Nasional, Konsultan Komunikasi, Pengamat Militer dan Kepolisian RI, dan Penulis buku Best Seller “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi”.

The Power of Silaturahim Aqua Dwipayana : Perilaku Langka yang Layak Diteliti

Pengantar : salah seorang pensiunan harian Suara Indonesia Asmororini tergelitik untuk mengomentari tulisan tentang mahasiswi Fakultas Ekonomi & Bisnis Univ Indonesia Imanuella Chelsea yg meneliti aktivitas sosial saya. Berikut komentarnya yg disampaikan dgn gaya bertutur.

Bila menilik temanya, “Acuan Perilaku Ekonomi dan Bisnis”, saya berpendapat bahwa ini adalah tugas kampus yang artikulasinya adalah “perilaku” seseorang yang didasari pada tindakan ekonomi dan bisnis. Semisal bisnis penjualan, acuan perilaku para pebisnis tersebut yang perlu ditemukan, dikupas, dan disajikan. Sementara seorang Aqua Dwipayana justru menghabiskan dana yang tidak sedikit – tanpa pretensi – dalam menunjang kegiatan silaturahimnya.

Lalu adakah orientasi ekonomi yang bisa diteliti dalam kegiatan silaturahim Mas Aqua? Ini menarik, karena seorang mahasiswi semester 3, Jurusan Manajemen FEB UI, Imanuella Chelsea berupaya menjadikan Mas Aqua sebagai subyek penelitiannya.

Narasi Silaturahim

Buku  super best seller  The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi  adalah salah satu piranti yang perlu ditelisik untuk menopang penelitian Chelsea. Dalam buku tersebut Mas Aqua Dwipayana telah menghadirkan secara detail lanskap silaturahimnya. Narasi-narasi silaturahim tidak serta merta.
dimunculkan,  tetapi setelah melalui pengalaman dan pendalaman yang sangat intensif.

Royalti dari buku super best seller tidak dinikmati Mas Aqua baik secara pribadi maupun bersama keluarga, melainkan digunakan untuk memberangkatkan puluhan orang umrah ke Tanah Suci. Hal ini yang nampaknya menarik minat Chelsea untuk digali lebih dalam lagi hingga dia menemukan keuntungan ekonomi di dalamnya.

Konsistensi sebagai Artikulasi

Ketertarikan yang lain dari mahasiswi tersebut adalah kesinambungan Mas Aqua yang selama belasan tahun melaksanakan sharing Komunikasi & Motivasi dengan gratis di lingkungan TNI-Polri. Artikulasinya adalah konsistensi. Kegiatan ini sebenarnya berbiaya sangat tinggi. Tapi dilandasi niatan tulus, biaya ini dikeluarkan dari kantong pribadi Mas Aqua.

Pertanyaannya, adakah nilai tambah secara ekonomi dari pengeluaran yang besar itu?  Ini tugas yang tak mudah bagi Chelsea. Ada yang bilang bahwa  Semua ilmu itu harus didasari pemahaman oleh filsafat yang benar. Tetapi saya yakin, dalam kapasitasnya sebagai mahasiswa yang duduk di semester 3, Chelsea sudah menyerap pemahaman mendasar itu dan akan menemukan keuntungan ekonomi yang tidak kasat mata atas semua yang dilakukan Mas Aqua.

Keluarga Adalah Penopang Kesuksesan Silaturahim

Lebih jauh Chelsea melakukan wawancara di rumah Mas Aqua. Dia mendengar secara langsung bagaimana sejatinya hubungan antarpersonil dalam sebuah keluarga. Setidak-tidaknya referensinya tentang putra putri Mas Aqua – Alira Vania Putri Dwipayana (Ara) kuliah di Jurusan & Fakultas Bisnis Korea University di Seoul, Korea Selatan dan  Savero Karamiveta Dwipayana (Ero) kuliah di Jurusan & Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Jatinangor, Sumedang – semakin bertambah.

Seperti kata Chelsea bahwa Mas Aqua termasuk sosok langka. Tetapi tak kalah pentingnya adalah sosok istrinya,  Mbak Retno Setiasih yang selalu mendukung ketika suaminya berbagi rejeki kepada siapa saja. Keteladanan yang diberikan keduanya demikian baik diserap kedua putranya.
Komunikasi yang harmonis di antara mereka menjadikan mereka sebuah keluarga langka.

Seperti Mas Aqua, saya pun menaruh respek terhadap Chelsea yang serius menantang dirinya sendiri melakukan penelitian tentang sosok motivator handal. Melalui temuannya, saya yakin dia mampu menjawab tantangan itu dengan menggunakan nalar dan ilmu pirantinya.

Saya berharap melalui penelitiannya, Chelsea mampu mengurai interaksi yang dijadikan dasar mengapa seorang Aqua Dwipayana berperilaku seperti yang diwujudkan. Dan Chelsea juga bisa menemukan keuntungan tidak kasat mata yang didapat Mas Aqua yang pada gilirannya juga berimbas pada keuntungan secara ekonomi.

Semoga tugas kuliah Chelsea terselesaikan dengan baik dan dia mendapatkan nilai tambah atas observasinya. Sisi keteladanan yang ditampilkan Mas Aqua bisa menginspirasi generasi millenial secara khusus dan masyarakat pada umumnya.

Salam sehat salam semangat.

>>>Dari Biak, Papua menjelang ke Serui utk sharing Komunikasi & Motivasi dgn ratusan prajurit & istrinya di Kodim Serui, saya ucapakan selamat berusaha meningkatkan kegiatan sosial. Salam hormat buat keluarga ya. 08.30 26092017?<<<

Baca juga: Sang Motivator Silaturahim Keliling Indonesia Mengamalkan Ilmu Komunikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button

1000 Narasumber KONUS! CALL/WA 08557772226 (Idham Azhari)

X