Panjang Umur, Kaya-raya, dan Dicintai Keluarga

Panjang Umur, Kaya-raya, dan Dicintai Keluarga
Panjang Umur, Kaya-raya, dan Dicintai Keluarga

Wejangan Dr. Aqua Dwipayana 29 Agustus 2017

Berikut Wejangan Dr. Aqua Dwipayana 28 Agustus 2017 pukul 13.00, ” Panjang Umur, Kaya-raya, dan Dicintai Keluarga ” melalui WAG KOMPASS (WhatsApp Group Komunitas Para Sales Sumenep).

Wejangan ini merupakan tulisan bagian keempat, Kesaksian Dahsyatnya Silaturahim (4).

Dr. Aqua Dwipayana, menetap di Yogyakarta (Kompasser Yogyakarta), Motivator Nasional, Konsultan Komunikasi, Pengamat Militer dan Kepolisian RI, dan Penulis buku Best Seller “The Power of Silaturahim”.

Panjang Umur, Kaya-raya, dan Dicintai Keluarga

Saya, Arifin BH –wartawan Pos Kota dan kemudian Harian Surya hingga mengundurkan diri tahun 2006. Selepas berkutat sebagai jurnalis, saya menjadi penulis kolom Opini harian Kompas; menulis Buku Suara Surabaya Bukan Radio (2010); Buku PELAWAK –Penuntun Laku di Segala Waktu (2013) dan penulis Kompasiana. Di luar itu menjadi Tim Kreatif Tri Rismaharini, Walikota Surabaya (2009 dan 2015), dan Emil Dardak Bupati, Trenggalek (2015).

*

Anif Sirsaeba, pengasuh Pesantren Karya & Wirausaha dalam buku “Berani Kaya, Berani Takwa” menulis, siapa sih yang tidak ingin uang dan kekayaannya bertambah? Dan siapa yang tidak ingin terhindar dari kejahatan dan kematian yang hina? Semua orang waras pasti menginginkannya. Dan di sini, Nabi Muhammad SAW Memberitahu kita dua hal agar Anda sukses luar biasa: panjang umur, kaya-raya, dan dicintai keluarga.

Dua hal itu adalah, takwa kepada ALLAH SWT dan membina tali silaturahim. Kata Rasulullah, “Barangsiapa bertakwa kepada ALLAH SWT dan membina tali silaturahim, niscaya umurnya akan diperpanjang, uangnya akan ditambah, dan keluarganya akan mencintainya.” (HR. Bukhari).

Pada kenyataannya, betapa agung dan mulianya membina tali silaturahim. Karena silaturahim, seseorang yang jahat bisa mencicipi buah dari perbuatan-perbuatan mulia dan kemudian tersadarkan dari kejahatannya. Soal keagungan silaturahim ada hadis (diriwayatkan oleh Ibnu Hibban);

“Perbuatan yang paling cepat mendapat balasan adalah membina tali silaturahim. Bahkan meskipun dilakukan oleh keluarga jahat. Uang dan jumlah-jumlah mereka akan bertambah jika mereka membina tali silaturahim. Dan tidak ada keluarga yang membina tali silaturahim, melainkan membutuhkan (orang lain).”

Para peneliti di Australia menemukan bukti bahwa mereka yang memiliki banyak teman rata-rata hidupnya berusia 7 tahun lebih lama. Secara umum hubungan persahabatan akan memberikan dampak yang positif bagi kehidupan Anda, meski beberapa di antaranya memberikan efek sebaliknya. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain. Jadi, perbanyak teman Anda dan jaga hubungan silaturahim Anda dengan mereka.

Memperbanyak teman adalah bagian dari silaturahim yang langsung diaplikasikan Aqua Dwipayana. Seperti yang saya “rekam” ketika pesawat Wing Air IW 1282 dari Palembang tujuan Jambi tertunda (delay) hampir 3 jam lebih, dari jadwalnya pukul 17.05 nyatanya terbang pk 20.30.

Di ruang tunggu “Lounge Garuda” Aqua Dwipayana berjumpa dgn kolega yg mantan General Manager PLN WS2JB  (Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu) Budi Pangestu yang menunggu jadwal penerbangan ke Jakarta. Selepas itu dia (Aqua) menyapa beberapa penumpang tujuan Jambi yang sama-sama mengalami keterlambatan. Aqua menyampaikan cerita seputar dunia kampus selama ia kuliah S1 di Universitas Muhammadiyah Malang dan jenjang S2 & S3 di Universitas Padjadjaran Bandung. Aqua selalu mengajak komunikasi semua orang yang ada di sekitarnya. Tanpa terasa, akhirnya semua penumpang harus boarding.

Aqua membina silaturahim, meskipun agak “terselubung” dengan latar belakang cerita masa lalunya. Dia selalu antusias dan sangat menikmati setiap komunikasi dengan siapapun juga tanpa melihat latar belakang lawan bicaranya.

(Ikuti seri tulisan pengalaman perjalanan SURABAYA-PALEMBANG-JAMBI-JAKARTA berikutnya).

>>>Seusai sharing Komunikasi & Motivasi dgn ratusan anggota Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi & Ibu2 Persit serta menjelang melakukan hal yg sama dgn ratusan prajurit di Kodim 0607 Kota Sukabumi saya ucapkan selamat membiasakan diri tiada hari tanpa melaksanakan silaturahim. Salam hormat buat keluarga ya. 13.00 29082017?<<<

Baca juga: Silaturahim itu Proses, Hasilnya ALLAH Maha Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button