Misi Kemanusiaan sangat Mulia, Keluarga Dukung Penuh Ero Bantu para Mahasiswa yang Mengalami Kesehatan Mental

Misi Kemanusiaan sangat Mulia, Keluarga Dukung Penuh Ero Bantu para Mahasiswa yang Mengalami Kesehatan Mental
Misi Kemanusiaan sangat Mulia, Keluarga Dukung Penuh Ero Bantu para Mahasiswa yang Mengalami Kesehatan Mental

Wejangan SILATURAHIM Aqua Dwipayana

Berikut Wejangan Dr. Aqua Dwipayana 31 Maret 2019, ” Misi Kemanusiaan sangat Mulia, Keluarga Dukung Penuh Ero Bantu para Mahasiswa yang Mengalami Kesehatan Mental ” melalui WAG KOMPASS – Nusantara.

Dr. Aqua DwipayanaKompasser Bogor, 10 Inspirator KOMPASS – Nusantara, Motivator Nasional, Konsultan Komunikasi, Pengamat Militer dan Kepolisian RI, dan Penulis buku Best Seller “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi”.

Misi Kemanusiaan sangat Mulia, Keluarga Dukung Penuh Ero Bantu para Mahasiswa yang Mengalami Kesehatan Mental

Penyampaian Aqua Dwipayana Tokoh Silaturahim Indonesia 31 Maret 2019 melalui WAG KOMPASS Nusantara
Penyampaian Aqua Dwipayana Tokoh Silaturahim Indonesia 31 Maret 2019 melalui WAG KOMPASS Nusantara

Wejangan SILATURAHIM Aqua Dwipayana: Misi Kemanusiaan sangat Mulia, Keluarga Dukung Penuh Ero Bantu para Mahasiswa yang Mengalami Kesehatan Mental

Pada Sabtu siang, sekitar 1,5 bulan lalu si bungsu Savero Karamiveta Dwipayana yg akrab dipanggil Ero dari Jatinangor, Sumedang kontak saya lewat telp dan bicara dengan serius, “Pak, sepertinya Ero ngga jadi sore ini ke Yogyakarta. Ada belasan adik kelas Ero yg butuh bantuan. Mereka mengalami kesehatan mental.”

Ero kemudian menjelaskan agak detil yg terjadi dan perkembangannya. Melihat kondisi mereka ada keinginannya yg kuat pada diri Ero membantu mereka.

Dengan waktu yg mepet – nyaris ditinggal pesawat – akhirnya sore itu Ero jadi ke Yogyakarta. Saat kami malamnya ketemu di rumah Yogya, Ero menceritakan secara detil kondisi teman2nya itu.

Intinya mereka butuh bantuan dari orang lain. Itu seperti yg telah disampaikan Ero dalam tulisannya  Sabtu, 30 Maret 2019 kemarin yg berjudul Perlunya Perubahan Stigma Demi Indonesia yang Lebih sehat! Tulisan itu mendapat apresiasi dari ratusan orang anggota Komunitas Komunikasi Jari Tangan.

Setelah menyimak semua penjelasan Ero terutama kondisi kesehatan mental adik2 kelasnya, kami sekeluarga sepakat mendukung penuh. “Ero silakan bantu mereka secara optimal. Lakukan yg terbaik. Mereka adalah generasi muda potensial masa depan bangsa. Ini misi kemanusiaan yg sangat mulia,” ujar saya menyemangati Ero.

Danseskoad Mayjen TNI Kurnia Dewantara Kagum ke Ero

Saya tidak hanya sekedar memberi motivasi dengan ucapan. Secara nyata dan konkrit mendukung penuh Ero untuk membantu teman2nya yg mengalami kesehatan mental itu.

Di sela2 jadwal yg sangat padat, pada Senin pagi, 11 Maret 2019 lalu bersama Ero dari Solo, kami terbang ke Bandung. Agenda utama selktar 9 jam di Kota Kembang itu adalah silaturahim ke dua teman akrab saya yakni Danseskoad Mayjen TNI Kurnia Dewantara dan Deputi Direktur BPJS Kesehatan Wilayah Jabar Mohammad Edison.

Saat ketemu mereka berdua di kantornya masing2, Ero menceritakan tentang kondisi teman2nya yg mengalami kesehatan mental. Menyedihkan sekali dan sangat memprihatinkan.

Kurnia dan Edison menyimak semua yg disampaikan Ero. Kami diskusi intens dan mendalam untuk membantu mereka yg mengalami kesehatan mental tersebut.

Alhamdulillah beliau berdua merespon sangat positif. Kurnia sekitar seminggu kemudian mengajak Ero silaturahim ke Kepala Dinas Psikologi Angkatan Darat (Kadispsiad) Brigjen TNI Dr. Eri Radityawara Hidayat.

“Saya kagum ke Ero yg memiliki kepedulian yg tinggi pada adik2 kelasnya yg butuh uluran tangan orang lain. Padahal ini bukanlah tugas dan kewajiban Ero. Namun Ero terpanggil untuk membantu mereka,” ungkap Kurnia beberapa kali ke saya.

Baca juga: Pilihan Hidup Membahagiakan Diri Sendiri atau Orang Lain

Merasakan Kepedulian Ero yang sangat Besar

Dari tulisan Ero, kita dapat merasakan kepedulian Ero yg sangat besar pada mereka yg sedang mengalami kesehatan mental. Di bawah ini kutipannya.

Jenis masalah kesehatan mental itu beragam seperti Depresi, Bipolar, Anxiety, PTSD, Eating Disorder, dan lainnya. Para penyintas atau survivor ini tidak bisa sembuh hanya dengan konsultasi ke psikolog atau mengonsumsi obat dari psikiater yang keduanya harganya relatif tinggi. Butuh lebih dari itu. Butuh dukungan moral dan semangat dari orang-orang terdekatnya, terutama keluarga.

Ayo, jangan pernah memendam sesuatu sendirian. Luangkan waktu untuk cerita ke teman, pasangan, atau keluarga. Jangan lupa, luangkan juga waktu dan pikiran untuk mendengarkan cerita-cerita dari mereka.

Oh iya, tolong diingat, ketika sudah merasa mengalami masalah psikis mohon jangan didiamkan hingga berlarut-larut atau bahkan _self diagnosis. Segera ke psikolog untuk menceritakan semua yg dirasakan dan jika dirasa perlu, maka bisa dilanjutkan ke psikiater._

Saya rasa, kita semua perlu untuk lebih paham lagi mengenai kesehatan mental. Sehingga ketika orang-orang terdekat kita mengalami masalah ini, kita tidak langsung menghakimi, melainkan bisa membantunya dan mendukungnya hingga sembuh (amin).

Untuk sekedar informasi tambahan, hari ini, 30 Maret adalah hari Bipolar sedunia. Saya berharap semoga teman, pasangan, ataupun saudara kita yang menjadi penyintas Bipolar bisa tetap semangat menjalani terapi dan pengobatannya, jangan bolong-bolong juga minum obatnya. Kalian tidak sendiri dan banyak orang-orang yang sayang sama kalian! Semangat terus teman2 survivor~

Kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Univ Padjadjaran Bandung

Sambil menyelesaikan kuliahnya di Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Univ Padjadjaran Bandung – sekarang semester IV – Ero terus berjuang untuk membantu teman2nya itu. Saya yakinkan ke Ero bahwa setiap kegiatan sosial yg dilaksanakan dengan hati yg bersih dan ikhlas, sepenuhnya diniatkan ibadah karena TUHAN maka akan mendapatkan berbagai kemudahan dalam pelaksanaannya.

“Ero harus yakin TUHAN akan membantu mempermudah merealisasikan semua niat baik Ero. Jika ada yg tidak mendukung kegiatan mulia ini biarkan saja. Terpenting jalan terus dengan misi utama menyelematkan generasi muda potensial yg kelak dapat mengisi pembangunan di negara tercinta ini,” pungkas saya.

>>>Saat sedang santai di Bogor setelah kembali dari Padang mengikuti kunjungan kerja Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Letjen TNI Doni Monardo, saya ucapkan selamat berusaha membantu secara optimal saudara2 kita yg sedang mengalami kesehatan mental. Salam hormat buat keluarga ya. 18.30 31032019?<<<

Baca juga: Semua Berlomba Memuliakan Jamaah Umroh POS III

CALL/WA 08557772226 (Muhammad Idham Azhari) for Inquiry …

The Power of SILATURAHIM ..
SILATURAHIMER Marketing …
#AquaDwipayana
#KOMPASSNusantara
#10InspiratorKOMPASSNusantara
#10InspiratorKONUS

by KOMPASS Nusantara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button

1000 Narasumber KONUS! CALL/WA 08557772226 (Idham Azhari)

X