Mau Terima Masukan & Perbaiki Komunikasi Internal untuk Capai Target Kartu Kredit BRI

Mau Terima Masukan & Perbaiki Komunikasi Internal untuk Capai Target Kartu Kredit BRI
Mau Terima Masukan & Perbaiki Komunikasi Internal untuk Capai Target Kartu Kredit BRI

Wejangan Dr. Aqua Dwipayana 12 September 2017

Berikut Wejangan Dr. Aqua Dwipayana 12 September 2017, ” Mau Terima Masukan & Perbaiki Komunikasi Internal untuk Capai Target Kartu Kredit BRI ” melalui WAG KOMPASS (WhatsApp Group Komunitas Para Sales Sumenep).

Dr. Aqua Dwipayana, menetap di Yogyakarta (Kompasser Yogyakarta), Motivator Nasional, Konsultan Komunikasi, Pengamat Militer dan Kepolisian RI, dan Penulis buku Best Seller “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi”.

Mau Terima Masukan & Perbaiki Komunikasi Internal untuk Capai Target Kartu Kredit BRI

*Saran ke Kepala Divisi Kartu Kredit BRI Rudhy Sidharta

Atas bantuan Pemimpin BRI Wilayah Jayapura I Wayan Nasta kemarin siang, Senin, 11 September 2017, saya silaturahim ke Kepala Divisi Kartu Kredit BRI yg baru Rudhy Sidharta. Laki2 asal Surabaya tsb menggantikan pejabat lama Mohamad Helmi yg oleh Direksi BRI dinilai gagal mengembangkan kartu kredit BRI.

“Selamat siang Om, happy weekend ya? Saya share Nomer Bpk Dr  Aqua Dwipayana (Pakar Komunikasi  dan Motivator) beliau teman dekat Pak Kuswiyoto (Direktur BRI-pen) dan teman saya juga. Kenal Beliau sewaktu saya tugas sama Bpk Kuswiyoto jadi Pinwil Makassar.  Beliau banyak  mengisi pembekalan mental  di lingkungan TNI dan Polri serta perusahaan BUMN besar dan Universitas.
Bpk Dr Aqua berkeinginan silaturahim ke kantor Pak Rudhy hari Senin. Monggo klu ada waktu. Beliau baru selesai acara di beberapa Kota di Papua. Terakhir kemarin hari Jumat ngisi acara di Lantamal X Jayapura. Orangnya asyik dan tahu banyak tentang layanan perbankan.?,” ungkap Wayan lewat WA ke Rudhy.

Saat minggu lalu di Papua saya dua kali ketemu Wayan. Termasuk terakhir pada Jumat siang ketika transit sekitar 5 jam di Jayapura – dari Merauke ke Jakarta – kami jumpa di Bandara Sentani Jayapura. Waktu itu Wayan menyambut Dirut Bulog Djarot Kusumayakti (mantan Direktur BRI-pen) & istri yg satu pesawat dgn saya dari Merauke.

Sebelumnya pada Rabu, 15 Maret 2017 lalu, sesaat setelah dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan terpilih sbg Dirut BRI, ke Suprajarto yg menggantikan Asmawi Syam, saya memberikan saran agar memprioritaskan pembenahan kartu kredit BRI. Salah satunya mengganti Kepala Divisinya dgn pejabat BRI yg dianggap lebih kompeten & amanah melaksanakan tugas tsb.

“Terima kasih Pak Aqua utk semua masukannya termasuk membenahi segera Divisi Kartu Kredit. Insya ALLAH saya laksanakan,” ujar Suprajarto ramah.

Jarang Gunakan Kartu Kredit Platinum BRI

Selama ini sbg pemegang kartu kredit Platinum BRI saya tidak puas dgn layanannya meskipun mendapat limit yg sgt besar. Shgg selama bertahun2 kartu tsb tidak pernah saya gunakan.

Saat silaturahim ke Rudhy di kantornya Gedung BRI II lantai 15 Jl Sudirman Jkt, selain menyampaikan ucapan selamat atas amanah yg diterimanya, saya memberikan beberapa saran.

Pertama, Rudhy sbg Kepala Divisi Kartu Kredit agar mau menerima masukan dari siapa saja utk pembenahan Divisinya. Salah satu ciri pemimpin yg bakal sukses adalah dgn rendah hati mau mendengarkan saran2 yg disampaikan kepadanya.

Orang luar bisa lebih obyektif melihat plus minus kinerjanya. Apalagi jika dibandingkan dgn kartu kredit lainnya. Dgn begitu saran2 yg disampaikan pasti sgt bermanfaat.

Kedua, melihat secara detil kinerja masing2 individu di Divisinya. Pada jabatan strategis & penting agar diisi oleh orang2 yg kredibel & profesional. Jangan ragu mengganti mereka yg selama ini kinerjanya buruk. Apalagi target dari Direksi BRI sudah sgt jelas.

Suprajarto ke Rudhy memberikan 2 target yakni agar kartu BRI tumbuh & berburu di kebun sendiri. Maksudnya seoptimal mungkin menggali potensi di lingkungan sendiri baik karyawan maupun para nasabah BRI.

Direktur Konsumer BRI yg lama Sis Apik Wijayanto pernah menyampaikan bhw target
pertumbuhan transaksi kartu kredit BRI pada 2017 ini sekitar 27-30 persen. Sdgkan utk tambahan pemegang kartu baru sebanyak 400 ribu shgg akhir tahun ini diharapkan total pengguna kartu kredit BRI sekitar 1,6 juta orang.

Jika dilihat dari jumlah nasabah BRI yg sekitar 9 juta orang, target tambahan pemegang kartu baru tsb seharusnya bisa tercapai. Itu dapat dilakukan kalau Rudhy & jajarannya dapat secara konsisten melaksanakan saran yg ketiga yaitu memperbaiki komunikasi internal.

Potensi Kartu Kredit BRI Besar Sekali

Selama ini sudah jadi pengetahuan umum – bukan rahasia umum – bhw potensi pengembangan kartu kredit BRI besar sekali. Cuma karena komunikasi internal Divisi Kartu Kredit dgn Divisi lainnya tidak lancar shgg kesempatan yg ada lewat begitu saja. Kompetitor kartu kredit BRI yg akhirnya memanfaatkan peluang tsb.

Padahal BRI memiliki berbagai jenis kartu kredit termasuk utk kalangan atas ykn kartu kredit BRI Infinite. Peluncurannya pada 29 Januari 2017 di   International Exhibition Complex ‘Indonesia Convention Exhibition’ (ICE) di Bumi Serpong Damai City – Tangerang. Waktu itu menampilkan Michael Buble Live in Jakarta 2015. Konser penyanyi Jazz International ini merupakan salah satu konser akbar dan konser perdana Michael Buble di Indonesia yang disponsori BRI.

Keempat, memetakan kebutuhan pemegang kartu kredit sesuai dgn level & segmentasinya. Setiap pemegang kartu secara umum pasti beda keinginannya. Divisi Kartu Kredit BRI seoptimal mungkin agar dapat memenuhi itu.

Jika keempat hal tsb dapat dilaksanakan secara konsisten, saya yakin semua target Divisi Kartu Kredit BRI dapat dipenuhi. Bahkan hingga akhir 2017 bisa melebihi target yg ditetapkan Direksi. Dgn begitu rankingnya dapat dinaikkan dari urutan ke-8 saat ini jadi masuk 3 besar di antara korporasi yg mengeluarkan layanan kartu kredit. Amin ya robbal aalamin.

“Terima kasih Pak Aqua utk semua masukannya yg sgt berharga. Insya ALLAH saya & tim melaksanakannya. Silakan setiap saat Bpk smpkan ke saya jika ada masukan lainnya utk perbaikan & peningkatan layanan kartu kredit BRI,” kata Rudhy serius.

Semoga keputusan Suprajarto mempromosikan Rudhy sbg Kepala Divisi Kartu Kredit BRI membawa perubahan yg signifikan pada Divisi tsb. Amin ya robbal aalamin.

>>>Dari hotel Mercure Cikini Jakarta menjelang olahraga, saya ucapkan selamat memberi masukan yg konstruktif utk perbaikan kinerja. Salam hormat buat keluarga ya. 08.00 12092017?<<<

Baca juga: Mendadak Diajak Foto Bersama, Ditelepon setelah Pergi, & Langsung Diajak ke Depan

2 thoughts on “Mau Terima Masukan & Perbaiki Komunikasi Internal untuk Capai Target Kartu Kredit BRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1000 Narasumber KONUS! CALL/WA 08557772226 (Idham Azhari, Co-founder KOMPASS Nusantara)

X
Call Now Button