Komunikasi Efektif, Dapat Mencairkan Suasana dengan Semua Level

Komunikasi Efektif, Dapat Mencairkan Suasana dengan Semua Level
Komunikasi Efektif, Dapat Mencairkan Suasana dengan Semua Level

Wejangan Dr. Aqua Dwipayana 31 Agustus 2017

Berikut Wejangan Dr. Aqua Dwipayana 31 Agustus 2017, ” Komunikasi Efektif, Dapat Mencairkan Suasana dengan Semua Level ” melalui WAG KOMPASS (WhatsApp Group Komunitas Para Sales Sumenep).

Dr. Aqua Dwipayana, menetap di Yogyakarta (Kompasser Yogyakarta), Motivator Nasional, Konsultan Komunikasi, Pengamat Militer dan Kepolisian RI, dan Penulis buku Best Seller “The Power of Silaturahim”.

Komunikasi Efektif, Dapat Mencairkan Suasana dengan Semua Level

*Mulai dari Jenderal hingga Pengemudi

Pengantar : diam2 Deputi Manajer Teknologi Informasi PLN Wilayah Sumatera Utara Gading Aji selama ini mengamati komunikasi yg saya lakukan dgn semua pihak. Bapak tiga anak ini kemudian mendiskusikan dgn orangtuanya. Berikut hasil pembicaraannya yg disampaikan Rabu pagi kemarin dgn gaya bertutur.

Pak Aqua, minggu lalu orangtua saya berkunjung ke Medan untuk menengok kami sekaligus menjadi infal buat cucu2nya, karena saya dan istri sedang banyak kegiatan di kantor.?

Saya sempat berdiskusi dengan Bapak saya terkait komunikasi efektif. Salah satunya adalah saya bercerita bagaimana Pak Aqua memiliki cara yang berbeda dengan kebanyakan orang untuk berkomunikasi.

Pak Aqua dapat mencairkan suasana dengan semua orang yang berkomunikasi dengan Bapak. Mulai dari para jenderal, direktur, petugas keamanan di kantor, hingga pengemudi.

Selama kita ketemu baik di Medan maupun  di kota lain, setiap berjumpa dengan Bapak, saya perhatikan Pak Aqua selalu memiliki intonasi dan pemilihan kata-kata yang berbeda dalam berkomunikasi. Dan hal tsb sepertinya mengalir begitu saja bagaikan darah yang mengalir dalam tubuh.

Bapak selalu menggunakan kata-kata dan kalimat yang pas sehingga lawan bicara Pak Aqua senang. Kalaupun ada perbedaan pendapat, Bapak berusaha untuk mengemasnya agar ucapannya tetap santun dan beretika. Dengan begitu orang yang mendengarkannya tidak tersinggung. Malah banyak belajar dari semua yang Bapak sampaikan.

Setelah mendengarkan semua yang saya sampaikan tentang kelebihan Pak Aqua dalam berkomunikasi, Bapak saya mengatakan bahwa teori tidak akan ada gunanya apabila tidak dipraktekkan. Dengan mempraktekkannya secara konsisten kemungkinan besar akan muncul teori-teori baru untuk menyempurnakan teori sebelumnya.

Demikian juga dengan ilmu yang dimiliki oleh kita, akan sia-sia apabila tidak dibagikan dan dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari. TUHAN memberi kesempatan kepada umatnya untuk selalu belajar dari hal-hal yang diutarakan seseorang ke orang lain.

Nah Pak Aqua adalah salah satu jagoannya teori dan praktek komunikasi. Ini seperti yang pernah disampaikan salah seorang pakar Komunikasi dunia Prof Deddy Mulyana dalam Kata Pengantarnya di buku super best seller karya Bapak yang berjudul The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi. Jadi lengkaplah sudah apa yang disampaikan Bapak saya kemarin tentang Pak Aqua.

Selamat melaksanakan sharing Komunikasi dan Motivasi dengan teman2 PLN Distribusi Jawa Barat. Salam hangat untuk keluarga dari kami di Medan.???

>>>Dari Jatinangor Sumedang sambil menikmati keindahan alamnya & udara yg sejuk saya ucapkan selamat berusaha secara optimal menggunakan etika komunikasi saat bicara dgn semua orang. Salam hormat buat keluarga ya. 06.00 31082017?<<<

Baca juga: Jangan Goyah Oleh Pujian dan Celaan Orang Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button