Kolom TI Muhammad Idham Azhari 8 Agustus 2017

Kolom TI Muhammad Idham Azhari 8 Agustus 2017
Kolom TI Muhammad Idham Azhari 8 Agustus 2017

Kolom TI Muhammad Idham Azhari 8 Agustus 2017

Berikut sharing TI (Teknologi Informasi) pada Kolom TI Muhammad Idham Azhari 8 Agustus 2017 pukul 15.07 melalui WAG KOMPASS (WhatsApp Group).

Muhammad Idham Azhari, Kompasser Jakarta, IT Consultant, dan Mentor Komunitas Bisnis Online & Internet Marketing SB1M.

Programming Itu Mudah Dan Semua Orang Pasti Bisa
Programming Itu Mudah Dan Semua Orang Pasti Bisa

PROGRAMMING ITU MUDAH DAN SEMUA ORANG PASTI BISA!

Mengapa saya bilang mudah? Karena programming sama saja dengan permainan menggunakan LOGIKA sederhana (seperti bermain catur atau puzzle), yang tentunya harus FOKUS dong, supaya logika nya berjalan dengan benar.

Analoginya seperti ini, jika Anda mau pergi ke Bandung, kira-kira lewat mana bisa sampai Bandung dengan cepat (efektif) dan efesien. Ada banyak jalan menuju kesana, bisa lewat Cipularang, bisa lewat Puncak dan bisa juga lewat Jonggol. Nah, silahkan di pilih ya, mana yang lebih cepat sampai dan menyenangkan di perjalanan ??

Mengapa perusahaan membutuhkan programmer? Karena perusahaan yang progresif dan inovatif pastinya tidak mau melakukan hal manual yang berulang-ulang, oleh sebab itu perlu OTOMATISASI.

Contohnya, accounting tidak perlu lagi menghitung cash flow secara manual menggunakan kalkulator, tinggal memasukkan data mentah, lalu sudah terhitung semua melalui rumus yang ada di Microsoft Excel. Ini gambaran kecil saja.

Perkara mudah atau tidak mudah melakukan programming, kembali ke PASSION masing-masing atau kebutuhan tiap orang. Apakah bermain gitar sulit? Apakah memasak sulit? bermain billiard sulit? Pasti tergantung PASSION masing2 dan waktu yang dicurahkan untuk memulai belajar gitar, memasak dan billiard. Setelah itu dituntut untuk FOKUS dan KONSISTEN.

FOKUS DAN KONSISTEN

Saya memulai belajar FOTOGRAFI secara otodidak. Pertama Kali saya berpikir melihat karya fotografi, kesannya kok sulit banget, banyak foto bagus dengan teknik yang bermacam-macam. Karena saya suka ART (lukisan, desain produk, dll), mulailah saya belajar dengan membeli buku2 fotografi berikut majalah. Sampai saat ini sudah satu lemari penuh ?.

Dengan konsisten dan fokus, terus berlatih menggunakan kamera tentunya, saya dapat menjadi fotografer amatiran dalam waktu beberapa bulan saja dengan jumlah foto mencapai ribuan. Setelah itu saya baru mendatangi kursus untuk mempertajam keilmuan saya sekaligus networking.

Begitu juga dengan PROGRAMMING (Computer Languange), tidak semua lulusan IT mendalami programming, mungkin mereka hanya bermain di-area manajemen atau perangkat keras (server, computer networking).

Lah lantas bagaimana dengan aplikasi perusahaan yang besar seperti ERP (SAP, Oracle, Microsoft Dynamics)? Itu kan susah banget bro! ERP untuk perusahaan dikerjakan secara tim, ada project manager, system analyst, business process engineer , programmer/developer) dll. Pada bagian programmer pun dibagi menjadi front end developer, back end developer, unit/integration tester dll

PROGRAMMER PEMULA

Saran saya untuk programmer pemula adalah mulai membuat program-program kecil terlebih dahulu (biasanya juga dipelajari di kampus). Setelah itu bisa ikut forum/group programmer secara online seperti github.com atau bisa juga membeli beberapa buku lalu contek alur programming nya dan tentu saja Anda harus memodifikasi. Lakukan terus sampai Anda bisa membuat program sendiri.

Apakah Anda sering utak-atik handphone Android? menanamkan script sederhana dari Internet untuk optimisasi android? SELAMAT! Anda punya PASSION dan menjadi PROGRAMMER!!

Sama halnya dengan memasak, dimulai dari mencoba resep dari youtube. Menyuruh teman untuk mencicipi lalu lakukan perbaikan dengan ikut kelas kursus memasak (sekaligus networking).

Semoga bermanfaat ?

Salam hormat dari idam anak IT ??

Jakarta 20170808 15:07 kompass.id

Baca juga: Kolom TI Muhammad Idham Azhari 1 Agustus 2017

2 thoughts on “Kolom TI Muhammad Idham Azhari 8 Agustus 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button