Kolom TI Muhammad Idham Azhari 23 Juli 2017

Kolom TI Muhammad Idham Azhari 23 Juli 2017
Kolom TI Muhammad Idham Azhari 23 Juli 2017

Kolom TI Muhammad Idham Azhari 23 Juli 2017

Berikut sharing TI (Teknologi Informasi) pada Kolom TI Muhammad Idham Azhari 23 Juli 2017 pukul 19.27 di WAG KOMPASS (WhatsApp Group)

Muhammad Idham Azhari, Kompasser Jakarta, IT Consultant, dan Mentor Komunitas Bisnis Online & Internet Marketing SB1M

MEMBUAT WEBSITE ITU MUDAH!!

Ahh yg bener, bukannya  Programmer (Web Programmer / Web Developer / Web Designer) aja yg bisa lakukan ini? Itu jaman dahulu kala, sekarang sudah banyak template yang siap menjadi Web dalam hitungan menit ?

Contoh nya Web kompass.id, saya cuma carikan template yang sesuai dengan tema lalu install dan setting, langsung jadi deh dalam hitungan menit ?

Sekarang sudah banyak bumbu dapur untuk berbagai macam resep, mau buat rendang, ada bumbu dalam bentuk sachet yg sudah jadi, soto betawi, nasi goreng dan masih banyak lagi. Ini adalah analogi template tadi.

Dulu memang sebuah Website dibuat dari scratch (dari awal dgn programming yg njelimet), sekarang sudah banyak template gratisan bertebaran di Internet atau Anda dapat bergabung dengan komunitas programmer untuk berdiskusi bahkan dapat berkolaborasi seperti GitHub.com

Sama seperti Nenek kita terdahulu, kalau membuat rendang, harus memeras kelapa untuk dijadikan santan lalu mencampur bumbu- bumbu dapur yang sudah diuleg sedemikian rupa dgn bermandikan keringat.

Pengalaman saya pada waktu bekerja di pabrik panasonic di kawasan industri Cibitung, saya diperintahkan Bos Jepang untuk membuat Aplikasi Workflow dengan tujuan untuk mengurangi jumlah kertas dan Lead Time untuk Approval.

Untung saja ada template yang sama dengan apa yang diinginkan Bos Jepang saya dan dalam hitungan hari, Workflow Application itu sudah jadi dan saya mendapatkan apresiasi dari beberapa Pengguna (berikut Bos Jepang saya) ??

Memang pada awalnya saya cukup idealis, membuat aplikasi dari scratch dan dengan berjalannya waktu dan pengalaman, saya hanya berperan pada bagian Business Process.

Lantas bagian mana yang tersulit dan hanya bisa dilakukan oleh orang yang berkompeten?

Bagian yang tersulit adalah analisa sistem (orang nya disebut System Analyst), maka jangan heran System Analyst memiliki gaji yang besar dibandingkan Programmer.

Layaknya Chef yang berpengalaman, dimana masakannya sangatlah nikmat dengan presentasi makanan yang menarik ?

System Analyst memiliki tugas awal menganalisa User Requirement dimana keinginan Pengguna dapat tertuangkan ke dalam aplikasi baru. Jangan sampai Pengguna yang hanya menginginkan ayunan sederhana (dengan tali tambang dan ban bekas) tetapi Anda mengartikannya dibuatkan ayunan yg terbuat dari besi dan super mahal bahan dasarnya untuk membuat ayunan tersebut.

Untuk Web kompass.id (yang tujuan awalnya adalah situs berita Komunitas), bagian tersulit nya adalah marketing online, bagaimana Web ini dapat menyebar kemana-mana dan tentunya dengan konten yang berkualitas.

Ilmu marketing online itu tidak pasti, karena tiap tahun Google mengupdate algoritma. Begitu pula dengan update dari Facebook, Instagram dan lainnya.

Konten berkualitas akan disayang oleh Goggle dan ujung2 nya adalah peringkat kompass.id akan naik dan tidak tertutup kemungkinan selalu di halaman pertama Google.

Kabar baiknya, konten berkualitas mudah sekali dibuat. Cukup membuat tulisan asli (unik), upload foto original dan video original.

Kalau Anda malas membuat konten, Anda dapat membayar Penulis artikel ??

Salam hormat dari Idam anak IT ??

Jakarta, 20170723 19.27

Baca juga: Kolom TI Muhammad Idham Azhari 14 Juli 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button

1000 Narasumber KONUS! CALL/WA 08557772226 (Idham Azhari)

Got it!
X