Humas Pemerintah Harus Proaktif dan Konsisten Menjalin Media Relation untuk Membangun Reputasi Instansi

Humas Pemerintah Harus Proaktif dan Konsisten Menjalin Media Relation untuk Membangun Reputasi Instansi
Humas Pemerintah Harus Proaktif dan Konsisten Menjalin Media Relation untuk Membangun Reputasi Instansi

Wejangan Dr. Aqua Dwipayana

Berikut Wejangan Dr. Aqua Dwipayana 16 Mei 2018, ” Humas Pemerintah Harus Proaktif dan Konsisten Menjalin Media Relation untuk Membangun Reputasi Instansi ” melalui WAG KOMPASS – Nusantara (WhatsApp Group Komunitas Para Sales Super – Nusantara).

Dr. Aqua Dwipayana, Kompasser Yogyakarta, 10 Inspirator KOMPASS – Nusantara, Motivator Nasional, Konsultan Komunikasi, Pengamat Militer dan Kepolisian RI, dan Penulis buku Best Seller “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi”.

Humas Pemerintah Harus Proaktif dan Konsisten Menjalin Media Relation untuk Membangun Reputasi Instansi

Penyampaian Aqua Dwipayana Pakar SILATURAHIM Indonesia 16 Mei 2018 melalui KOMPASS
Penyampaian Aqua Dwipayana Pakar SILATURAHIM Indonesia 16 Mei 2018 melalui KOMPASS

Oleh : Dr Elva Ronaning Roem

Saya teringat dengan sahabat baik saya Aqua Dwipayana yang selalu mengusung The Power of Silaturahim dan sejak dulu sampai sekarang konsisten menerapkannya. Dulu dia terapkan pada kami jika mengunjungi media ini (Padang Ekspres). Aqua selalu datang membawa makanan pada malam hari secara dadakan dan berdiskusi ringan pada awak media yang bertugas. Dan kami menyebutnya dengan istilah bukan sekedar isu. Karena dia hadir dengan caranya yang unik itu untuk berbagi apapun yang dimilikinya terutama pengetahuan dan pengalaman. Menurut saya Humas termasuk Humas pemerintah hendaknya proaktif melaksanakan silaturahim dengan media guna membangun reputasi intansinya. Itu seperti yang telah dilaksanakan secara konsisten dan dicontohkan Aqua tersebut.

Penggalan kalimat di atas adalah ucapan sahabat saya, Bapak Wiztian Yutri yang akrab dipanggil dengan Pak Cici. Beliau adalah pendiri harian Padang Ekpres (Grup Jawa Pos).

Beberapa waktu lalu saya mengajak mahasiswa dan mahasiswi saya yang merupakan Kelas Pascasarjana Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Andalas Padang berkunjung ke Padang Ekspres Group. Sebagian di antara mereka adalah Aparatur Sipil Negara yang bekerja di Humas pemerintah di berbagai instansi di Kota Padang dan Kabupaten di Provinsi Sumatera Barat.

Kami datang berkunjung ke media cetak dan TV lokal besar milik Grup Jawa Pos di kota Padang itu, yakni harian Padang Ekpres dan Padang TV.

Kami belajar tentang bagaimana sinkronisasi yang harus dimiliki Humas dalam bekerjasama dengan media untuk pemberitaan.

Humas Pemerintah Harus Proaktif dan Konsisten Menjalin Media Relation

Banyak pengetahuan yg didapat. Mulai dari keluh kesah awak media yang gagal menjalin kerjasama yang baik dengan Humas, karena selalu mengirim berita seremoni yang dianggap tidak memiliki nilai berita hingga pengakuan mahasiswa yang juga adalah Humas di salah satu instansi di Kota Padang tentang kurangnya pemahaman Humas dalam menjalin kerjasama dengan media.

Jika dilihat lebih jauh bahwa saat ini Humas pemerintah memang benar seperti yang dinyatakan Pak Cici tersebut harus bersikap proaktif dalam menjalin sebuah hubungan dengan media. Ini merupakan sebuah tantangan yang harus dilakukan Humas khususnya. Betapa tidak, arus informasi tersaji dengan sangat cepat saat ini. Orang-orang bisa mendapatkan berita terkini tanpa harus menyalakan layar TV. Cukup hanya dengan mengakses media sosial melalui gadget masing-masing berita aktual dapat diakses dengan cepat dan mudah.

Sementara Humas yang dituntut untuk bekerja profesional haruslah sadar betul bahwa media memiliki peran penting dalam kegiatan publikasi. Sehingga wajib bagi Humas pemerintah untuk menjalih hubungan dengan media yang selanjutnya disebut dengan Media Relations.

Silaturahim Strategi Komunikasi Humas Pemerintah

Menurut saya, proaktif tersebut menjadi poin tersendiri hendaknya bagi Humas pemerintah. Karena media relations merupakan aktivitas yang dilakukan seorang Humas, yang memang mau tidak mau harus berhubungan dengan media massa, terutama untuk kegiatan publikasi instansinya.

Bentuk mengunjungi media seperti yang dilakukan Aqua Dwipayana dalam silaturahim tersebut juga harus dicontoh Humas pemerintahan karena sangat efektif dalam membangun hubungan dengan media.

Silaturahim merupakan bentuk strategi komunikasi seorang Humas pemerintah yang profesional dalam menjaga hubungan dengan media. Menjalin dan mempertahankan hubungan baik dengan media amatlah penting bagi seorang Humas. Sebab media adalah sarana publikasi, di mana segala informasi tentang Instansi disalurkan, selain itu media juga merupakan sarana untuk membangun reputasi.

Saat ini media merupakan acuan publik untuk bergerak dan bertindak. Publik seolah digiring oleh media untuk berperilaku sesuai dengan isu yang ada. Hal ini terlihat jelas jika media menggiring publik ke arah yang negatif maka akan berdampak yang kurang menguntungkan bagi instansi pemerintah karena dapat mempengaruhi reputasi instansi. Jika media menggiring pada hal yang positif maka ini akan meningkatkan reputasi instansi pula.

Istilah ‘Menjemput Bola’ mendatangi media dalam waktu yang tidak tetap mungkin adalah salah satu kejutan yang harus dilakukan Humas pemerintah sebagai salah satu strategi
di era sekarang ini.

Humas Pemerintah Harus Proaktif dan Konsisten Menjalin Media Relation untuk Membangun Reputasi Instansi

Humas harus menggandeng media. Karena media memiliki peran dalam menyampaikan berita fakta ataupun sebagai penyebar informasi dari berbagai pihak yang berkepentingan.

Peran media harus jelas dan berimbang. Di satu sisi media berperan sebagai jembatan masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar, sebaliknya di sisi lain media juga punya kekuatan menyebarkan suatu informasi untuk kepentingan pihak tertentu kepada masyarakat.

Humas dalam sebuah instansi pemerintah harus menjalin hubungan baik dengan pihak media. Hal ini penting, karena di satu sisi pihak media mendapatkan sumber berita yang berkualitas dengan penjelasan yang detail tanpa harus menganalisis berita, kemudian di sisi lain pihak perusahaan mendapatkan kesempatan untuk mempublikasikan diri di media yang bersangkutan.

Ke depannya kedua pihak yakni Humas pemerintah dan media diharapkan terus meningkatkan kerjasamanya. Dengan itu publikasi tentang instansi pemerintah dapat dimuat di berbagai media. Di sisi lain media harus berupaya menyajikan berita-berita yang berkualitas guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Semoga terwujud.

Jangan lupa Bahagia.?

Salam…?

Penulis adalah Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Andalas Padang.

Baca juga: Dampak Ledakan Bom, Merasakan Suasana yang Berbeda

Demikian Wejangan Dr. Aqua Dwipayana, ” Humas Pemerintah Harus Proaktif dan Konsisten Menjalin Media Relation untuk Membangun Reputasi Instansi ” melalui KOMPASS. Semoga bermanfaat.

The Power of SILATURAHIM ..
SILATURAHIMER Marketing ..
#10InspiratorKOMPASSNusantara

by KOMPASS Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1000 Narasumber KONUS! CALL/WA 08557772226 (Idham Azhari, Co-founder KOMPASS Nusantara)

X
Call Now Button