Dahsyatnya Silaturahim, Lihat Foto Terbayang saat Mengayuh Becak

Dahsyatnya Silaturahim, Lihat Foto Terbayang saat Mengayuh Becak
Dahsyatnya Silaturahim, Lihat Foto Terbayang saat Mengayuh Becak

Wejangan Dr. Aqua Dwipayana

Berikut Wejangan Dr. Aqua Dwipayana 24 Juni 2018 ” Dahsyatnya Silaturahim, Lihat Foto Terbayang saat Mengayuh Becak ” melalui WAG KOMPASS – Nusantara (WhatsApp Group Komunitas Para Sales Super – Nusantara).

Dr. Aqua Dwipayana, Kompasser Yogyakarta, 10 Inspirator KOMPASS – Nusantara, Motivator Nasional, Konsultan Komunikasi, Pengamat Militer dan Kepolisian RI, dan Penulis buku Best Seller “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi”.

Dahsyatnya Silaturahim, Lihat Foto Terbayang saat Mengayuh Becak

Penyampaian Aqua Dwipayana Pembicara SILATURAHIM Indonesia 24 Juni 2018 melalui WAG KOMPASS
Penyampaian Aqua Dwipayana Pembicara SILATURAHIM Indonesia 24 Juni 2018 melalui WAG KOMPASS

Dahsyatnya Silaturahim, Lihat Foto Terbayang saat Mengayuh Becak
Oleh : Mayor Tek Muhajir Dwi Agung Nugroho

Subhanallah… saat melihat foto2 dan membaca sharing Pak Aqua setelah silaturahim ke salah seorang anggota rombongan umroh The Power of Silaturahim (POS) II Mbah Sadiyo Cipto Wiyono di rumahnya di Sragen, Jateng, saya jadi teringat ke masa 21 tahun lalu. Membayangkan yg dilakukan Mbah Sadiyo sejak puluhan tahun lalu sampai sekarang dengan becaknya.

Saya terutama terkesan saat melihat foto Bapak, Ibu, dan Mbah Sadiyo dekat becaknya yg sehari2 digunakan untuk melakukan pekerjaan sebagai pemulung dan menambal jalan yg berlubang. Mulia sekali… Hal itu karena saya pernah menjadi pengayuh becak di salah satu sudut Kota Gudeg tercinta (mohon maaf jadi ngelantur???)….

Saya juga jadi teringat kembali ketika tahun lalu Pak Aqua dan putri sulung Bapak, Alira Vania Putri Dwipayana yg akrab dipanggil Ara tiba2 mengabari akan ke Bali dan mau berkunjung ke rumah dinas saya di kompleks perumahan Lanud Ngurah Rai. Kunjungan itu merupakan suatu kehormatan buat saya sekeluarga.

Saya, istri Dwi Amalia Puspa Nirmala, serta kedua anak kami Dienda Mulia Putri Elsyifa dan Arsya Mulia Cinta Bilqisthy tidak pernah menyangka Bapak dan Ara bersedia mampir untuk menemui kami. Apalagi itu dilakukan di sela2 agenda kegiatan Bapak yg sangat padat selama di Bali. Kami senang sekali dengan kedatangan Pak Aqua dan Ara.

Selama ini saya intens mengamati silaturahim tanpa pamri yg konsisten Bapak lakukan baik di dalam negeri maupun di mancanegara. Banyak pelajaran dan pengalaman berharga yg saya peroleh dari aktivitas mulia Pak Aqua tersebut.

Dampak Silaturahim Luar Biasa

Semangat silaturahim Bapak luar biasa. Alhamdulillah kami bisa mengajarkan arti silaturahim secara nyata kepada kedua bidadari kecil kami yg sedang tumbuh. Bahkan dengan moment tersebut kami bisa memberi contoh nyata silaturahim atau dalam bahasa Bali simakrama.

Nuansa kehidupan di Bali banyak memberi warna kepada kami sekeluarga tentang arti toleransi baik antarumat beragama maupun seagama dalam kerangka menjaga kebhinnekaan di NKRI?? tercinta ini.

Semangat silaturahim dari Bapak, saya praktikkan secara langsung. Salah satunya ketika saya yg hobi touring menggunakan sepeda motor?? berkeliling Bali. Pasti saya agendakan untuk mampir berkunjung ke rumah orangtua/saudara dari peserta touring yg kami lalui. Aktivitas ini walaupun terlihat sederhana namun ternyata dampaknya luar biasa.

Sama seperti beberapa hari lalu. Saya tidak  menyangka akan berjumpa dengan Bu guru Siti Amanah anggota rombongan umroh POS I di kediaman orangtua beliau di Pangkah Tegal, Jateng. Kami tergabung dalam rombongan umroh yg sama. Seluruhnya 35 orang. Ke Tanah Sucinya pada pada 8 – 16 Januari 2017 lalu.

Saat ketemu beliau, saya baru tahu bahwa  ternyata beliau adalah kakak kandung Ketua rombongan umroh POS I & POS II Bapak Nurcholis MA Basyari. Saya selama ini tahunya Bu Amanah tinggal di Makassar.

Semakin Paham Kenapa Konsisten Silaturahim

Alhamdulillah selain silaturahim dengan saudara yg memang masih ada hubungan darah, silaturahim dengan sesama anggota POS I menjadi obat kangen tersendiri.  Hal itu juga menimbulkan kebaikan2 baru yg semakin meneguhkan saya untuk selalu semangat  menjalin ukhuwah atau persaudaraan. Walaupun kadang mungkin masih ada yg beranggapan bahwa silaturahim cukup via gadget/medsos, namun efeknya pasti beda dibandingkan dengan pertemuan tatap muka langsung.

Ketika merasakan sendiri dahsyatnya manfaat  silaturahim membuat saya jadi semakin paham kenapa Pak Aqua konsisten melaksanakan itu selama puluhan tahun. Salah satu hasilnya di manapun Bapak berada baik di dalam negeri maupun di mancanegara selalu mendapat banyak kemudahan. Juga Bapak bisa membantu banyak kawan yg sedang kesulitan. Hal itu terjadi karena teman Pak Aqua banyak sekali dan semuanya sangat baik sama Bapak. Alhamdulillah.

Semoga semangat silaturahim senantiasa menjadi nafas kehidupan kita sehari2. Amin ya robbal aalamin…????

_Catatan : Lebaran Idul Fitri hari kedua pada Sabtu, 16 Juni 2018 lalu saya sekeluarga silaturahim ke Sadiyo Cipto Wiyono (66 thn), pemulung yg tinggal di Sragen. Berikut ini adalah berita tentang beliau yg ikut rombongan umroh POS I.
https://www.google.co.id/amp/m.tribunnews.com/amp/nasional/2018/04/18/kisah-pemulung-asal-sragen-diberangkatkan-umroh-oleh-motivator-aqua-dwipayana
Kami juga menemui Dedeh Kurniasih yg tergabung dalam rombongan umroh yg sama. Alhamdulillah…_?????

Penulis menjabat sebagai Kalambangja Pangkalan TNI AU Ngurah Rai Bali.

Baca juga: Sukses Bisnis Berkat Berhenti Kerja Semakin Kaya

Demikian Wejangan Dr. Aqua Dwipayana ” Dahsyatnya Silaturahim, Lihat Foto Terbayang saat Mengayuh Becak ” melalui WAG KOMPASS – Nusantara. Semoga bermanfaat.

The Power of SILATURAHIM ..
SILATURAHIMER Marketing …
#10InspiratorKOMPASSNusantara

by KOMPASS Nusantara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button

1000 Narasumber KONUS! CALL/WA 08557772226 (Idham Azhari)

X