Awal Tahun Momentum yang sangat Pas Memotivasi Karyawan

Awal Tahun Momentum yang sangat Pas Memotivasi Karyawan
Awal Tahun Momentum yang sangat Pas Memotivasi Karyawan

Wejangan SILATURAHIM Aqua Dwipayana

Berikut Wejangan Dr. Aqua Dwipayana 25 Desember 2018, ” Awal Tahun Momentum yang sangat Pas Memotivasi Karyawan ” melalui WAG KOMPASS – Nusantara.

Dr. Aqua DwipayanaKompasser Bogor, 10 Inspirator KOMPASS – Nusantara, Motivator Nasional, Konsultan Komunikasi, Pengamat Militer dan Kepolisian RI, dan Penulis buku Best Seller “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi”.

Awal Tahun Momentum yang sangat Pas Memotivasi Karyawan

Penyampaian Aqua Dwipayana Pakar KOMUNIKASI Indonesia 25 Desember 2018 melalui WAG KOMPASS Nusantara
Penyampaian Aqua Dwipayana Pakar KOMUNIKASI Indonesia 25 Desember 2018 melalui WAG KOMPASS Nusantara

Awal tahun merupakan momentum yg sangat pas untuk memotivasi seluruh karyawan. Jika pimpinannya pintar “menyentuh” hati dan pikiran seluruh jajarannya insya ALLAH mereka semua semangat meningkatkan kinerjanya pada 2019. Dengan begitu seluruh target yg ditetapkan manajemen bisa tercapai bahkan lebih.

Selain itu agar setiap atasan selalu memberikan keteladanan termasuk konsisten melaksanakan silaturahim. Rajin menemui banyak orang – dengan hati yg bersih, komunikasinya selalu baik, dan berpikir positif – membuat rejekinya terus mengalir. Bahkan terkadang sumber dan jumlahnya tidak diduga2. Itulah salah satu manfaat intens bersilaturahim tanpa pamrih.

Wejangan Dr. Aqua Dwipayana 25 Desember 2018

Pesan di atas sering saya sampaikan ke banyak teman yg menjabat kepala atau pimpinan di institusinya. Juga ke kawan2 pemilik perusahaan.

Alhamdulillah mereka sependapat dengan semua yg saya sampaikan sehingga bertekad untuk melaksanakannya. Mereka sadar dan mengakui bahwa jauh lebih efektif pihak luar yg memotivasi jajarannya sehingga berencana untuk mengundang orang yg ahli di bidang ini. Lagipula biaya yg dikeluarkan perusahaan tidak seberapa dibandingkan besarnya manfaat yg bakal diperoleh.

Kecenderungannya selama ini meski pesan yg disampaikan sama, para karyawan lebih mendengarkan orang lain yg tidak ada hubungan kerja dengan dirinya dibandingkan atasannya sendiri. Itu terjadi sebab biasanya secara psikologis tidak ada hambatan komunikasi antara mereka dengan orang lain yg mungkin baru dikenalnya.

Kondisinya berbeda jika pesan2 atau motivasi itu disampaikan oleh atasannya. Belum bicara saja, para bawahan sudah bisa menebak materi yg akan diberikan ke mereka yaitu mengenai seputar kinerja dan harapan untuk meningkatkannya. Jika frekuensi pertemuannya sering dilakukan lama2 mereka jenuh. Akhirnya semua pesan yg disampaikan berlalu begitu saja tanpa makna. Pertemuannya jadi sia2.

Saat atasannya tampil untuk menyampaikan arahan, sesama karyawan kadang bisik2 berkomentar, “Ini lagi ini lagi pesannya. Tidak jauh2 dari peningkatan kinerja dan target2. Bosan ah…”

Baca juga: Sahabat Sejati Tidak Melupakan Kebaikan Teman Lama

Menonjolkan Jajarannya dan “Mengecilkan” Dirinya

Terbaik siapapun yg menyampaikan motivasi – atasan atau orang lain – diawali dengan ucapan terima kasih dan apresiasi yg tinggi karena sepanjang 2018 semua karyawan telah bersama2 bekerja keras dengan sungguh2 dan serius sehingga seluruh target perusahaan tercapai atau pencapaiannya mendekati target.

Atasan yg baik adalah yg selalu menonjolkan jajarannya dan “mengecilkan” dirinya. Maksudnya di depan seluruh karyawan menegaskan bahwa semua keberhasilan dan prestasi yg diperoleh selama 2018 adalah karena para pegawainya. Sedangkan dirinya hanya memotivasi saja. Jadi peran para karyawan sangat besar dalam berkontribusi untuk perusahaan.

Biasanya para pegawai senang sekali dengan ucapan yg sangat memotivasi itu. Mereka merasa bahwa kontribusinya yg besar buat perusahaan dihargai manajemen sehingga bertambah semangat untuk melakukan hal yg sama pada 2019 mendatang.

Sesi Khusus Memotivasi Karyawan

Para karyawan akan lebih semangat lagi jika jerih payah mereka dihargai dengan pemberian bonus dari perusahaan. Wujudnya bisa sejumlah uang atau dalam bentuk lain misalnya liburan ke suatu tempat. Semuanya tentu harus disesuaikan dengan kondisi perusahaan.

Ke teman2 pemilik dan pemimpin perusahaan saya sarankan agar minimal sekali dalam 6 bulan mereka mengadakan sesi khusus memotivasi karyawannya. Ibaratnya baterai, semua pegawai perlu di-charge sehingga tetap mempertahankan semangat dan kinerjanya.

Selain itu agar seluruh pegawai didorong aktif melaksanakan silaturahim baik di lingkungan perusahaan maupun di luar itu. Sesuai dengan janji TUHAN bahwa mereka yg senang bersilaturahim dengan tulus ikhlas akan dipanjangkan umurnya dan ditingkatkan rejekinya.

Selamat untuk semua pencapaian di 2018 ini. Semoga pada 2019 lebih meningkat lagi. Aamiin ya robbal aalamiin…

>>>Dari Salatiga dengan kerendahan hati dan penuh ketulusan saya sekeluarga mengucapkan SELAMAT HARI NATAL 2018 kepada saudara-saudara kami Umat Kristiani, SELAMAT HARI RAYA GALUNGAN kepada saudara-saudara kami Umat Hindu, dan SELAMAT TAHUN BARU 2019 kepada kita semua. Semoga semuanya selalu mendapatkan yg terbaik dari TUHAN. Aamiin… Salam hormat buat keluarga ya. 09.30 25122018?<<<

Baca juga: Meningkatkan Rasa Syukur Konsisten Silaturahim Tulus Ikhlas Membuat Bertahan Hidup

The Power of SILATURAHIM ..
SILATURAHIM Marketing …
#AquaDwipayana
#KOMPASSNusantara
#10InspiratorKOMPASSNusantara
#10InspiratorKONUS

by KOMPASS Nusantara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button

1000 Narasumber KONUS! CALL/WA 08557772226 (Idham Azhari)

X