APA ITU DIGITAL MARKETING
HOW TO “Bisnis Online” Muhammad Idham Azhari
Berikut sharing BISNIS ONLINE & DIGITAL MARKETING, ” APA ITU DIGITAL MARKETING ” melalui KOMPASS (Komunitas Para Sales Sumenep).
Muhammad Idham Azhari, Kompasser Jakarta, IT Consultant, Praktisi Digital Marketing, Mentor Komunitas Bisnis Online & Internet Marketing SB1M. Mengenal dan belajar Bisnis Online / Internet Marketing semenjak tahun 2005 (dimulai dari Komunitas Asian Brain).
APA ITU DIGITAL MARKETING ?
Definisi DIGITAL MARKETING
Apa Itu Digital Marketing ? Banyak sekali istilah yang mendampingi Digital Marketing, seperti Internet Marketing, Online Marketing, Web Marketing dll. Tetapi istilah Digital Marketing lebih populer dibanding lainnya (lihat gambar dibawah dimana istilah Digital Marketing lebih “trending” menurut Google Trends).
Menurut Wikipedia, Digital marketing (also known as data-driven marketing) is the marketing of products or services using digital technologies, mainly on the Internet, but also including mobile phones, display advertising, and any other digital medium.
Digital Marketing (pemasaran secara digital) adalah Pemasaran PRODUK atau JASA / LAYANAN yang menggunakan teknologi DIGITAL, yang disampaikan melalui media digital seperti Search Engine (Google, Bing dll), Website, Social Media, Email, Aplikasi Mobile dan media digital lainnya.
Dalam hal ini Anda melakukan BISNIS, BISNIS ONLINE namanya, dan sama seperti BISNIS TRADISIONAL (OFFLINE), hanya saja dilakukan dan disampaikan melalui media digital.
Mengapa DIGITAL MARKETING Begitu PENTING ?
Yaa karena penetrasi Internet di Indonesia cukup tinggi dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Anda harus siap dengan era DIGITAL! Media Digital memiliki akses terhadap informasi kapanpun dan dimana saja kita inginkan.
Media Digital terus bertumbuh sebagai sumber berita (Wikipedia.org, Kompas.com, Detik.com), hiburan (YouTube.com), belanja (Tokopedia.com, Lazada.co.id) dan interaksi sosial (Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn, Instagram) yang terus berkembang.
Saat ini Audiens (Konsumen / Pelanggan / Pengguna) lebih percaya apa yang dikatakan media dibanding Perusahaan yang mempunyai brand produk / layanan, dan percaya apa yang direkomendasikan teman, saudara, rekan kerja, dll.
Sekarang jamannya personalisasi dan penawaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Cara orang berbelanja dan membeli benar-benar telah berubah, artinya Pemasaran Offline (Tradisional) tidak se-efektif dulu.
Pemasaran selalu berhubungan dengan Audiens di tempat yang tepat dan pada saat yang tepat. Artinya Anda perlu bertemu dengan mereka di mana mereka sudah menghabiskan waktu di INTERNET.
Bagaimana Caranya Anda Bisa Ikut Andil Dalam Era DIGITAL MARKETING?
Anda dapat memulai dari membangun Website Anda sendiri sampai ke Aset Online Anda lainnya untuk BRANDING seperti iklan digital (Facebook Ads, Google AdWords), pemasaran melalui email (Email Marketing), dan lainnya. Anda memerlukan ASET dan STRATEGI / TAKTIK untuk membangun DIGITAL MARKETING. STRATEGI / TAKTIK adalah sumber TRAFFIC untuk ASET Anda.
Berikut adalah ASET dan STRATEGI / TAKTIK yang paling umum digunakan kebanyakan DIGITAL MARKETER:
ASET
#1 Website
#2 Social Media (Facebook, LinkedIn, Twitter, Instagram, YouTube, Google+, dll)
STRATEGI / TAKTIK / SUMBER TRAFFIC
#1 Search Engine Optimization (SEO)
SEO adalah proses optimisasi Website untuk “memberi peringkat” lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (contohnya Google), sehingga dapat meningkatkan jumlah traffic organik (atau gratis) yang akan menuju Website Anda.
#2 Content Marketing
Content Marketing adalah pembuatan dan promosi konten dengan tujuan membentuk brand awereness, pertumbuhan traffic , lead generation atau pembentukan database prospek / konsumen.
#3 Social Media Marketing
Adalah praktek mempromosikan brand dan konten Anda di saluran media sosial untuk meningkatkan brand awareness, mengarahkan traffic, dan menghasilkan prospek untuk Bisnis Online Anda.
#4 Paid Search atau Pay-Per-Click (PPC)
Suatu metode untuk mengarahkan traffic ke Website Anda dengan membayar publisher setiap kali iklan Anda di-klik. Salah satu jenis PPC yang paling umum adalah Google AdWords.
#5 Affiliate Marketing
Ini adalah jenis periklanan berbasis kinerja di mana Anda menerima komisi untuk mempromosikan produk atau layanan orang lain di Website Anda.
#6 Native Advertising
Native Advertising mengacu pada iklan yang ditampilkan pada platform yang memiliki konten yang tidak berbayar. Contohnya adalah iklan Facebook dan iklan Instagram.
#7 Email Marketing
Anda dapat menggunakan Email Marketing sebagai cara berkomunikasi dengan Audiens. Email sering digunakan untuk mempromosikan konten, training, seminar, diskon sambil mengarahkan orang ke Website Anda.
Kesimpulan
Anda dapat memulai DIGITAL MARKETING dengan sebuah Website pribadi atau dapat membuat Toko Online (Online Store). Ini adalah ASET Anda.
Landing Page (Sales Page) dapat Anda tambahkan untuk dikawankan dengan STRATEGI yang akan digunakan, misalnya untuk beriklan di Facebook.
Jika Anda sudah melakukan pemasaran digital, setidaknya Anda sudah menjangkau banyak Audiens Anda secara online dan Anda sudah lebih dulu melakukan penetrasi dengan jangkauan yang lebih luas hanya sekali KLIK.
Bandingkan dengan pemasaran tradisional yang membutuhkan EFFORT dan BIAYA yang sangatlah besar untuk jangkauan yang lebih luas. Last but not least, BRANDING Anda sudah lebih dulu dikenal dibanding yang lain ketika Anda sudah masuk ke DIGITAL MARKETING.
ARE YOU READY ? 🙂 🙂 🙂
Baca juga: INFLUENCER MARKETING DAN SILATURAHIMER MARKETING
Muhammad Idham Azhari
0855-777-222-6
Sumber: https://muhammadidhamazhari.com/
by KOMPASS