6 CARA LEBIH EFEKTIF UNTUK JUALAN LEWAT INSTAGRAM
BISNIS ONLINE & DIGITAL MARKETING
Berikut sharing BISNIS ONLINE & DIGITAL MARKETING Muhammad Idham Azhari, ” 6 CARA LEBIH EFEKTIF UNTUK JUALAN LEWAT INSTAGRAM ” melalui KOMPASS – Nusantara. CALL/WA 08557772226 untuk Konsultasi Gratis.
Muhammad Idham Azhari, Kompasser Jakarta, Co-founder KOMPASS – Nusantara, 10 Inspirator KOMPASS – Nusantara, IT Advisor PUSLITBANGDES, Independent IT Consultant, Coach Digital Marketing, Coach StartUp Digital, Praktisi Digital Marketing, Mentor Komunitas Bisnis Online & Internet Marketing SB1M. Mengenal dan belajar Bisnis Online / Digital Marketing semenjak tahun 2005 (dimulai dari Komunitas Internet Marketing Asian Brain, Global Internet Summit 2006, dst), Mentor Purwadhika StartUp & Coding School.
6 CARA LEBIH EFEKTIF UNTUK JUALAN LEWAT INSTAGRAM
Anda dapat membuat posting-an Instagram yang tidak seperti menjual (soft selling). Karena banyak yang tidak suka dengan materi iklan walaupun Instagram tidak melarang hard selling. Tetapi Instagram sedang mengarahkan Pengguna nya yang berjualan dapat memanfaatkan Instagram Ads (iklan berbayar).
Dari ratusan juta Pengguna aktif bulanan dan akan bertambah terus tiap harinya, Instagram menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan. Kelihatannya seperti A New Google atau A Little Google.
Anda perlu membuat posting konten asli yang bertujuan untuk kepercayaan konsumen yang pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan.
Perlu disadari media sosial adalah tempat bagi orang untuk mengkonsumsi konten yang menarik dan tidak melulu melihat iklan. Jika Anda menggunakan Instagram dengan benar, itu bisa menjadi sarana yang efektif untuk menampilkan produk Anda. Yaitu dengan cara soft selling ke konsumen yang ditargetkan.
Sama seperti ketika orang-orang mengubah channel saat iklan muncul di televisi, benarkan? kecuali acara TV itu sangatlah menarik dan ditunggu-tunggu.
Yuuk simak 6 Cara Lebih Efektif Untuk Jualan Lewat Instagram …
#1 MEMBUAT KONTEN YANG BERKUALITAS (MENJUAL)
Anda cukup mempublikasikan konten berkualitas tinggi, seperti gambar yang bagus dan video yang menarik. Minimal Audiens Anda yang tidak tertarik untuk membeli jualan Anda akan dapat menikmati konten Anda.
Mereka yang tertarik dengan produk Anda bisa menjelajah lebih jauh dan membelinya jika mereka menginginkannya. Kabar baiknya, konten berkualitas dapat dibuat dengan mudah menggunakan HP Anda, gambar asli dan video singkat asli.
#2 SHARE KONTEN PERIHAL PENGALAMAN ATAU TESTIMONI
Terlalu sering orang memposting konten yang bertujuan menjual produk, namun tidak meluangkan waktu untuk meyakinkan konsumen bahwa mereka akan menikmati produknya.
Jika Anda melihat-lihat Instagram dan melihat ada konten jualan, kemungkinan Anda akan sedikit bertanya bagaimana kualitas produknya.
Share pengalaman atau testimoni tampaknya lebih otentik dan mengurangi risiko yang dirasakan Pengguna untuk membeli produk secara online.
Banyak orang mengatakan bahwa mereka lebih suka melihat orang sungguhan dalam sebuah postingan jualan daripada hanya menampilkan produk atau jasa.
Mengetahui orang lain memiliki pengalaman yang menyenangkan dengan produk tersebut, akan mendorong mereka untuk berpikir bahwa mereka juga akan memiliki pengalaman yang menyenangkan
#3 MANFAATKAN SEMUA FITUR INSTAGRAM
Sebagai platform yang terus berkembang, Instagram sering mengeluarkan fitur baru, dan ini biasanya menawarkan peluang penjualan yang unik. Misalnya, Instagram Stories masih merupakan bagian yang cukup baru dari platform namun sudah memiliki ratusan juta pengguna aktif setiap hari.
Ini berarti Anda akan kehilangan kesempatan untuk berinteraksi dengan audiens yang besar jika Anda mengabaikannya. Masuk lebih awal dan memanfaatkan setiap kesempatan yang Anda miliki untuk berinteraksi dengan pengguna, akan membangun pemirsa yang bagus (lead generation).
Instagram bisa menjadi platform hebat untuk mengubah calon pelanggan menjadi penjualan nyata, entah Anda menjual kursus online atau jual produk kesehatan.
Memanfaatkan peluang Anda untuk keterlibatan pengguna dan promosi produk dengan cara alami sangat penting untuk penjualan secara efektif, dan jika dilakukan dengan benar dapat mengubah platform Anda menjadi bisnis bernilai jutaan rupiah.
#4 LEVERAGE MELALUI INSTAGRAM ADS
Melalui Instagram Ads (lewat iklan Facebook), Anda dapat mempromosikan posting-an di Instagram untuk membuat engangement dan menyarankan mereka untuk mengklik situs Web Anda. Kedua hal ini bisa menjadi sarana efektif untuk meningkatkan penjualan.
Instagram Ads dapat efektif untuk meningkatkan kedua variabel berikut ini, ukuran audiens Anda dan tingkat konversi untuk mengunjungi Web Anda. Iklan berkualitas tinggi dapat berfungsi sebagai konten berkualitas tinggi.
Begitu ada minat Pengguna (dengan adanya banyak like), Anda pastinya memerlukan CTA (Call To Action) berupa tombol atau link untuk meyakinkan mereka agar mengklik Web Anda.
#5 GUNAKAN SOFTWARE (GRATIS ATAU BERBAYAR)
Anda dapat menggunakan software untuk meningkatkan jumlah like atau memberikan comment. walaupun ini terlihat spamming tetapi dapat meningkatkan engagement.
Software juga membantu optimisasi posting, seperti skedul posting dan dapat dikerjakan dengan cepat bila Anda lakukan posting an melalui Laptop.
Software ini antara lain instamate, celebgramme, gramblr dan masih banyak lainnya. Biasanya banyak bermunculan software atau tool baru dan menawarkan banyak fitur.
Jadi, pintar-pintar lah menyeleksi software-software tersebut atau bisa bertanya ke Komunitas Bisnis Online yang tentu saja mereka adalah Pengguna aktif Instagram berikut software pendukung.
#6 KOLABORASI DENGAN INFLUENCER
Instagram menawarkan sejumlah besar Influencer yang memiliki follower yang sangat besar. Influencer ini dapat membantu Anda mendapatkan akses ke Audiens yang tepat untuk produk atau layanan Anda.
Salah satu manfaat dari kolaborasi influencer adalah Anda dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam memposisikan iklan dengan cara yang tidak mengandung spam.
Metode pertama untuk bekerja dengan influencer adalah dengan membuat iklan Instagram dan meminta Influencer menyertakan ajakan bertindak yang mengarah ke situs Web Anda. Bisa melalui akun Instagram Anda atau Influencer.
Selanjutnya, Anda dapat melakukan kontes di mana Anda dan Influencer memposting gambar yang menawarkan hadiah jika orang memfollow Anda dan influencer. Dengan melakukan like kedua gambar Anda dan memberikan tag Teman2 nya Influencer.
Ini memungkinkan Anda untuk mengubah folower Influencer ke Audiens Anda, dan Anda kemudian dapat melakukan monetisasi dengan mudah.
Akhirnya, Anda dapat menjalankan kemitraan dengan Influencer di mana mereka bisa mengarahkan ke situs penjualan Anda dan tentu saja Influencer mendapatkan persentase dari penjualan Anda.
Memang terlihat sulit untuk mendapatkan Influencer yang sesuai dengan jualan Anda, tapi ini dapat Anda lakukan dengan cara lain, yaitu memfollow follower mereka (memang terlihat seperti spamming).
Atau mungkin Anda punya dana berlimpah? Cari Influencer yang banyak followernya dan tentu saja Seleb terkenal. Setelah itu, siapkan dana jutaan rupiah untuk sekali posting 😉
Baca juga: 9 Strategi untuk menjadi Affiliate Marketer yang Sukses
Demikian sharing BISNIS ONLINE & DIGITAL MARKETING Muhammad Idham Azhari, ” 6 CARA LEBIH EFEKTIF UNTUK JUALAN LEWAT INSTAGRAM ” melalui KOMPASS – Nusantara. Semoga bermanfaat.
Daftar FREE MEMBER Komunitas Bisnis Online & Internet Marketing SB1M disini, http://bit.ly/FreeMemberID
Sumber: MuhammadIdhamAzhari.com
#Muhammad Idham Azhari
#KOMPASSNusantara
#10InspiratorKOMPASSNusantara